Jumat, 5 November 2010 14:08 WIB News Share :

Komisi II akan panggil Gubernur Sumbar terkait kepergian ke Jerman

Jakarta–Kepergian Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ke Jerman di tengah bencana yang menimpa wilayahnya, menuai kecaman keras dari berbagai kalangan, termasuk anggota Dewan. Komisi II DPR berencana memanggil Irwan dan Kemendagri untuk mengetahui duduk persoalan keberangkatan Irwan ke Jerman.

“Komisi II akan memanggil yang bersangkutan, Pak Irwan dan Kementerian Dalam Negeri,” kata anggota Komisi II DPR, Budiman Sudjatmiko usai mengikuti diskusi Politisasi Bencana, di Hotel Menara Penisula, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (5/11).

Pemanggilan dilakukan untuk mengklarifikasi pernyataan kedua belah pihak terkait izin ke luar negeri Irwan Prayitno dalam rangka mencari investor Jerman. “Ada keterangan yang berbeda, Gubernur bilang sudah diizinkan, sementara Kementerian Dalam Negeri menyebut tidak ada izin. Ini akan kita mintai keterangannya,” jelas Budiman.

Dia mengakui, jika kepergian Irwan ke Jerman tersebut merupakan kewenangan kepala daerah. Namun, dari sisi etika hal tersebut sangat disayangkan karena wilayahnya tengah porak-poranda akibat bencana gempa dan tsunami.

“Ini soal etika saja dan memang tidak ada sanksi hukumnya. Tapi ini akan menjadi teguran keras bagi yang bersangkutan,” tutur Irwan.

Kapan pemanggilan tersebut akan dilaksanakan, Budiman mengatakan hal itu akan segera ditindaklanjuti menginggat Irwan sudah berada di tanah air.

dtc/tiw

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…