News
Jumat, 5 November 2010 - 14:08 WIB

Komisi II akan panggil Gubernur Sumbar terkait kepergian ke Jerman

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kepergian Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ke Jerman di tengah bencana yang menimpa wilayahnya, menuai kecaman keras dari berbagai kalangan, termasuk anggota Dewan. Komisi II DPR berencana memanggil Irwan dan Kemendagri untuk mengetahui duduk persoalan keberangkatan Irwan ke Jerman.

“Komisi II akan memanggil yang bersangkutan, Pak Irwan dan Kementerian Dalam Negeri,” kata anggota Komisi II DPR, Budiman Sudjatmiko usai mengikuti diskusi Politisasi Bencana, di Hotel Menara Penisula, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (5/11).

Advertisement

Pemanggilan dilakukan untuk mengklarifikasi pernyataan kedua belah pihak terkait izin ke luar negeri Irwan Prayitno dalam rangka mencari investor Jerman. “Ada keterangan yang berbeda, Gubernur bilang sudah diizinkan, sementara Kementerian Dalam Negeri menyebut tidak ada izin. Ini akan kita mintai keterangannya,” jelas Budiman.

Dia mengakui, jika kepergian Irwan ke Jerman tersebut merupakan kewenangan kepala daerah. Namun, dari sisi etika hal tersebut sangat disayangkan karena wilayahnya tengah porak-poranda akibat bencana gempa dan tsunami.

“Ini soal etika saja dan memang tidak ada sanksi hukumnya. Tapi ini akan menjadi teguran keras bagi yang bersangkutan,” tutur Irwan.

Advertisement

Kapan pemanggilan tersebut akan dilaksanakan, Budiman mengatakan hal itu akan segera ditindaklanjuti menginggat Irwan sudah berada di tanah air.

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gubernur Sumbar
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif