Jumat, 5 November 2010 04:56 WIB News Share :

Hujan abu dan pasir halus guyur Kota Jogja

Jogja–Letusan Gunung Merapi Jumat (5/11) dinihari menyebabkan hujan abu dan pasir di wilayah Kota Jogja.

“Saya kira hujan, setelah saya keluar kok tidak ada air. Ternyata hujan abu dan pasir sangat tebal,” kata Yuli, seorang warga yang tinggal di Godean.

Muhammad, mahasiswa yang tinggal di Wirobrajan juga menyebutkan wilayahnya diguyur hujan abu sangat tebal. “Kota ini menjadi sedikit menakutkan” katanya.

Sejumlah warga di kawasan Sleman, juga mengalami luka bakar setelah Gunung Merapi bergemuruh cukup besar. Saat ini para korban dirawat di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta.

“Ada 20-an warga mengalami luka bakar,” ujar Petugas UGD RSĀ  Sardjito Sariningsih saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11).

Menurut Siti, di rumah sakit korban terus berdatangan. Namun dia belum dapat memastiakan apakah ada korban jiwa dalam kejadian ini. “Kita belum mendata,” katanya.

Setelah bergemuruh cukup keras Kamis 4 November pukul 23.40 WIB ribuan warga di Kecamatan Pakem, Turi dan Cangkringan diungsikan ke daerah aman dengan radius 20 km dari puncak merapi. Mereka berbondong-bondong menyelamatkan diri dalam keadaan panik.

Saat ini puluhan ribu pengungsi letusan Gunung Merapi memadati Stadion Maguwoharjo di Sleman, Yogyakarta yang berjarak 30 km dari puncak Merapi. Sementara itu ratusan mobil dan truk menunggu parkir di halaman stadion yang cukup besar tersebut.

Pemerintah setempat membagi para pengungsi berdasar asal daerahnya. Namun demikian karena kurangnya persediaan tikar untuk tidur akhirnya pengungsi memadati sisi kiri stadion yang memang sudah ditata rapih tikar untuk istirahat para pengungsi. Mul

Lowongan pekerjaan
PT. MIC Abadi Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…