Jumat, 5 November 2010 14:23 WIB News Share :

Budiman usul DPR panggil Gubernur Sumbar

Jakarta–Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, Budiman Sudjatmiko, akan mengusulkan komisinya memanggil Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, tidak pas seorang kepala daerah meninggalkan daerahnya yang sedang dilanda bencana.

Menurutnya, Komisi II yang membidangi pemerintahan dalam negeri perlu mengklarifikasi kepergian Irwan ke Jerman. Sebab, dia mendengar informasi kepergiannya tidak mendapat izin Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

“Saya akan usulkan begitu reses selesai, panggil Mendagri dan Gubernur Sumbar. Apakah sudah ada izin atau belum. Seandainya tidak ada izin, ada pelanggaran kewenangan di sana,” kata Budiman dalam sebuah diskusi di Hotel Peninsula, Jakarta, Jumat (5/11).

Budiman menyatakan, tidak etis pada skala bencana di Mentawai, Irwan pergi ke luar negeri. “Saya kira komisi II akan memberi teguran keras bila hadir,” katanya.

Ketua Partai Demokrat, Ulil Abshar Abdalla, juga menyentil soal kepergian Gubernur yang didukung Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Hati Nurani Rakyat itu. “Secara fatsun politik kurang tepat karena masyarakat membutuhkan kehadiran mereka untuk pemulihan psikologis mereka,” kata Ulil.

Rabu dinihari kemarin, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beserta sejumlah staf terbang ke Jerman sembilan hari setelah gempa dan tsunami menghantam Kabupaten Kepulauan Mentawai. Orang dekat Gubernur yang menolak disebutkan namanya membeberkan agenda Irwan selama di Muenchen, Jerman, didasarkan pada undangan Duta Besar RI di Berlin tanggal 31 Agustus 2010.

Gubernur akan menjadi pembicara dalam Indonesia Bussines Day yang akan diadakan 5 November 2010. Gubernur dari Partai Keadilan Sejahtera ini akan memaparkan pelaksanaan promosi terpadu investasi, pariwisata, dan perdagangan.

vivanews/rif

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…