News
Jumat, 5 November 2010 - 21:33 WIB

BMKG: Pesan berantai soal akan ada gempa besar di Jakarta bohong!

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan warga Jakarta agar tidak mudah percaya isu mengenai gempa besar di Jakarta. BMKG sama sekali tidak pernah mengeluarkan peringatan mengenai gempa itu.

“Gempa itu tidak bisa diprediksi. Jadi pesan berantai itu tidak benar. Apalagi yang mengaku dikirimkan BMKG itu bohong,” kata Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem BMKG, Kukuh Ribudiyanto saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11).

Advertisement

Dia menjelaskan, masyarakat hendaknya tidak mudah percaya akan pesan-pesan yang bernada menakut-nakuti seperti itu, apalagi kemudian ikut menyebarkannya.

“Gempa kapanpun bisa terjadi, tidak mungkin bisa diprediksi tanggal sekian,” jelasnya.

BMKG hanya mengirimkan SMS kepada pihak-pihak terkait setelah gempa terjadi, bukan sebelum gempa. “Isi SMS setelah gempa terjadi itu pun ditambahi dengan potensi tsunami atau tidak,” tutupnya.

Advertisement

Sebelumnya pesan berantai menyebar melalui broadcast message lewat BlackBerry. Isinya pesan kalau BMKG memberi kabar akan ada gempa 9 skala richter pada 8-11 November. BMKG memastikan pesan itu adalah hoax alias bohong.

dtc/tya

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gempa Jakarta
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif