Jumat, 5 November 2010 21:33 WIB News Share :

BMKG
Pesan berantai soal akan ada gempa besar di Jakarta bohong!

Jakarta–Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan warga Jakarta agar tidak mudah percaya isu mengenai gempa besar di Jakarta. BMKG sama sekali tidak pernah mengeluarkan peringatan mengenai gempa itu.

“Gempa itu tidak bisa diprediksi. Jadi pesan berantai itu tidak benar. Apalagi yang mengaku dikirimkan BMKG itu bohong,” kata Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem BMKG, Kukuh Ribudiyanto saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11).

Dia menjelaskan, masyarakat hendaknya tidak mudah percaya akan pesan-pesan yang bernada menakut-nakuti seperti itu, apalagi kemudian ikut menyebarkannya.

“Gempa kapanpun bisa terjadi, tidak mungkin bisa diprediksi tanggal sekian,” jelasnya.

BMKG hanya mengirimkan SMS kepada pihak-pihak terkait setelah gempa terjadi, bukan sebelum gempa. “Isi SMS setelah gempa terjadi itu pun ditambahi dengan potensi tsunami atau tidak,” tutupnya.

Sebelumnya pesan berantai menyebar melalui broadcast message lewat BlackBerry. Isinya pesan kalau BMKG memberi kabar akan ada gempa 9 skala richter pada 8-11 November. BMKG memastikan pesan itu adalah hoax alias bohong.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
dr. NORMA AESTHETIC CLINIC, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…