Kamis, 4 November 2010 05:34 WIB Issue Share :

ISI gelar seminar estetika

Solo (Espos)–Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Solo menggelar seminar bertajuk Estetika Nusantara di Teater Besar ISI Solo, Kamis (4/11).

“Indonesia ini multikultur, banyak etnis dan sangat beragam. Kita agak kesulitan menarik benang merah mengenai estetika nusantara,” ujar Ketua Panitia, Nanik Sri Prihatini.

Menurut Nanik, selama ini kita banyak menggunakan estetika barat yang cenderung mengandalkan rasio. Padahal seharusnya kita lebih mengacu pada estetika yang bersifat ketimuran yaitu kosmologi dan dekat dengan alam.

Nanik menambahkan melalui seminar ini diharapkan dapat dirumuskan estetika nusantara yang nantinya bisa lebih dikembangkan dan dipakai oleh para budayawan, seniman dan sebagainya.

Acara ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Jakob Sumardjo dan Matius Ali sementara untuk sesi kedua oleh Mudji Sutrisno dan Lono L Simatupang.

m90

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…