Kamis, 4 November 2010 15:04 WIB News Share :

PBGM
Pengungsi di GOR UII melonjak

Sleman--Tim Penanggulangan Bencana Gunung Merapi (PBGM) menyatakan, jumlah pengungsi di Gedung Olah Raga Universitas Islam Indonesia Sleman, DIY, Kamis (4/11), melonjak sekitar empat kali lipat dibandingkan sebelumnya.

“Pengungsi di Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Islam Indonesia (UII) hingga kini mencapai 600 orang, melonjak dibandingkan sebelumnya yang hanya 100-150 orang,” kata Ketua Tim PBGM UII AF Junaidi.

Menurut dia, lonjakan jumlah pengungsi itu menyusul semburan awan panas yang terus keluar dari Gunung Merapi pada Rabu (3/11) sore hingga malam. Pengungsi berasal dari sejumlah barak pengungsian di sekitar GOR UII.

Ratusan pengungsi itu pindah dari barak pengungsian ke GOR UII karena Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi pada Rabu (3/11) sore memperluas radius bahaya dari 10 kilometer menjadi 15 kilometer.

“Padahal, sejak Sabtu (30/10) malam, pengungsi di GOR UII hanya berkisar antara 100-150 orang. Pengungsi didominasi lansia, perempuan, balita, dan anak-anak,” lanjut Direktur Kemahasiswaan UII.

Sekretaris Tim PBGM UII Revianto Budi Santoso mengemukakan pengungsi yang memadati GOR UII itu tidak hanya berasal dari barak pengungsian di sekitar lokasi yang dinyatakan berbahaya.

“Masyarakat yang rumahnya berada di sekitar lokasi itu juga banyak yang ikut mengungsi ke GOR UII,” imbuh Direktur Akademik UII itu.

Dijelaskan dia, pihaknya belum mengidentifikasi secara keseluruhan dari dusun mana pengungsi berasal atau dari barak mana.

“Namun, dapat dipastikan pengungsi di GOR UII tidak seluruhnya berasal dari barak-barak pengungsian, melainkan juga dari masyarakat sekitar tempat pengungsian itu,” ujarnya.

ant/nad

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…