Kamis, 4 November 2010 05:36 WIB Sport Share :

Liga Champions Grup G
Imbangi Milan 2-2, Madrid ke 16 Besar

Milan–Real Madrid memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Dalam laga sengit dan terjadi saling susul keunggulan, Rossoneri dan Los Merengues berbagi poin usai bermain imbang 2-2.

Duel di San Siro, Kamis (4/11) dinihari WIB, Madrid lebih dulu unggul melalui Gonzalo Higuain jelang turun minum. Rossoneri mampu membalikkan keadaan lewat dua gol Filippo Inzaghi di menit 69 dan 77.

Namun kemenangan yang sudah di depan mata tersebut harus menguap kembali setelah Pedro Leon mencetak gol kedua Los Merengues di babak masa injury time.

Tambahan satu poin membuat Madrid kini punya koleksi 10 poin dari empat laga. Meski masih ada dua laga tersisa di fase grup, anak didik Jose Mourinho sudah memastikan tiket ke babak 16 besar.

Sementara buat Milan, dengan lima poin yang kini dimiliki mereka masih berhak duduk di posisi dua. Andrea Pirlo cs bakal dapat persaingan sengit dari AJ Auxerre dan Ajax Amsterdam untuk memperebutkan tiket kedua dari grup ini.

Di pertandingan lainnya, Auxerre memetik kemenangan pertama setelah menundukkan Ajax dengan skor tipis 2-1. Klub Prancis itu kini masih duduk di posisi terbawah dengan poin tiga, sementara sang raksasa Belanda berada di atasnya dengan poin empat.

Jalannya Pertandingan

Milan langsung berusaha menekan saat pertandingan dimulai. Namun justru Madrid yang punya peluang pertama di menit kedua ketika tendangan Gonzalo Higuain dari luar kotak penalti ditepis Cristian Abiatti sambil menjatuhkan diri.

Setelah tandukan Pepe menyongsong umpan tendangan bebas masih melayang tipis di atas mistar, Milan membalas melalui Kevin Prince Boateng. Dapat umpan dari sisi kanan, sepakan gelandang asal Ghana itu tepat mengarah ke pelukan Iker Casillas.

Milan benar-benar berada dalam tekanan di menit-menit berikutnya. Angel Di Maria berhasil mematahkan perangkap offside dan mengalahkan Gianluca Zambrotta di dalam kotak penalti, namun sepakannya melenceng tipis dari tiang dekat Abbiati. Sebelumnya tendangan firts time Xabi Alonso juga cuma tipis luput dari sasaran.

Dua penyelamatan gemilang oleh Pirlo. Dengan kepalanya gelandang internasional Italia itu membuang bola tandukan Higuain tepat di garis gawang, sementara upaya rebound Di Maria dengan sepakan kaki kanannya juga mentah di kepala pemain berjuluk Metronom itu.

Di menit 22 Milan punya peluang bersih pertamanya saat Zlatan Ibrahimovic lolos dari jebakan offside. Namun striker Swedia itu gagal mengalahkan Casillas saat tinggal berhadapan duel satu lawan satu.

Sebuah kesalahan yang dibuat Casillas nyaris membuat Ibra membawa Milan unggul. Mencungkil bola melewati kepala Casillas yang keluar dari sarangnya, si kulit bundar gagal diarahkan dengan sempurna ke dalam gawang oleh mantan pemain Barcelona itu dan cuma menghasilkan tendangan gawang.

Milan akhirnya harus menyudahi babak pertama dalam posisi tertinggal setelah Higuain menjebol gawang Abiatti di menit 45.  Menerima umpan pendek dari Angel Di Maria yang menyelinap di antara banyak pemain tuan rumah, Higuain terlepas dari pengawalan bek Milan dan memperdaya Abiatti untuk membawa Los Merengues mempimpin 1-0.

Baru dua menit babak kedua berjalan Abiatti kembali harus jatuh bangun mengamankan gawangnya saat harus menepis tendangan jarak jauh CR7.

Selanjutnya Milan terus berada di bawah dominasi Madrid. Meski terlihat mulai menurunkan tempo permainan dibanding  babak pertama, Los Merengues tetap bisa mengurung Rossoneri di sekitar 10 menit awal paruh kedua.

Di menit 58 Ronaldinho ditarik keluar dan digantikan Filippo Inzaghi. Keputusan yang dibuat Massimilliano Allegri ini ternyata membuahkan hasil positif karena sembilan menit berselang dia mencetak gol penyama.

Gol balasan Milan yang tercipta di menit 69 tersebut diawali kegagalan Marcello mengamankan bola saat berada dalam tekanan Zlatan Ibrahimovic. Sepakan striker Swedia itu dari dalam kotak penalti mampu ditepis Iker Casillas, tapi Pippo bisa me-rebound dengan kepalanya dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pippo!! Milan balik unggul di menit 77 kembali melalui striker gaeknya itu.  Gol ini berbau kontroversi karena Inzaghi terlihat jelas berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Gattuso. Super Pippo mampu memenangi duel dengan Pepe untuk kemudian menceploskan bola ke dalam gawang.

Milan sepertinya akan memetik tiga poin karena hingga menit 90 mereka mampu mempertahankan keunggulan. Namun di masa injury time Pedro Leon mampu menjebol gawang Abiatti. Mendapat umpan terobosan dari Karim Benzema, sepakan Pedro Leon menyelinap di antara kaki Abiatti dan membungkam publik San Siro. Detikcom

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…