Kamis, 4 November 2010 19:20 WIB Klaten Share :

Kali Dengkeng di Klaten meluap

Klaten (Espos)--Hujan deras yang mengguyur wilayah Klaten selama beberapa jam, Kamis (4/11), menyebabkan Kali Dengkeng serta anak sungainya di wilayah Cawas meluap. Luapan air menggenangi gedung SDN 3 Bawak, Cawas serta merendam lahan pertanian milik warga di sejumlah desa.

Camat Cawas, Ir Pri Harsanto, saat dihubungi Espos via telepon menuturkan, ketinggian air di jalan mencapai selutut namun hingga pukul 19.00 WIB belum ada laporan adanya permukiman warga yang kebanjiran. “Tapi air sudah masuk ke SDN 3 Bawak. Tadi warga bergotong royong memasang tanggul darurat dengan menumpukkan sak pasir,” jelasnya.

Dia menuturkan, dua titik tanggul di anak sungai Dengkeng, yakni Kali Jaran di Karangasem serta Kali Karangwuni di Kedungampel diketahui jebol. Menurutnya, hujan deras yang tercurah pukul 14.00 WIB-17.30 WIB membuatnya waswas. Meskipun hujan telah reda, namun tetap diwaspadai limpahan air dari kawasan hulu, yakni Lereng Merapi dan Gunungkidul.

Menurut Camat, pihaknya masih mendata luasan lahan pertanian yang terendam air. Sementara, warga diminta waspada dan siaga terhadap berbagai kemungkinan. Dia menambahkan, kejadian itu telah dilaporkan ke Pemkab melalui Badan Kesbangpol dan Linmas serta SAR setempat. “Semoga air cepat surut dan tak sampai masuk ke rumah warga,” harapnya.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Klaten, Sri Winoto membenarkan adanya luapan Kali Dengkeng. “Sementara diantisipasi dengan tanggul darurat menggunakan sak pasir,” ungkapnya melalui SMS.

rei

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…