Soloraya
Kamis, 4 November 2010 - 19:20 WIB

Kali Dengkeng di Klaten meluap

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)--Hujan deras yang mengguyur wilayah Klaten selama beberapa jam, Kamis (4/11), menyebabkan Kali Dengkeng serta anak sungainya di wilayah Cawas meluap. Luapan air menggenangi gedung SDN 3 Bawak, Cawas serta merendam lahan pertanian milik warga di sejumlah desa.

Camat Cawas, Ir Pri Harsanto, saat dihubungi Espos via telepon menuturkan, ketinggian air di jalan mencapai selutut namun hingga pukul 19.00 WIB belum ada laporan adanya permukiman warga yang kebanjiran. “Tapi air sudah masuk ke SDN 3 Bawak. Tadi warga bergotong royong memasang tanggul darurat dengan menumpukkan sak pasir,” jelasnya.

Advertisement

Dia menuturkan, dua titik tanggul di anak sungai Dengkeng, yakni Kali Jaran di Karangasem serta Kali Karangwuni di Kedungampel diketahui jebol. Menurutnya, hujan deras yang tercurah pukul 14.00 WIB-17.30 WIB membuatnya waswas. Meskipun hujan telah reda, namun tetap diwaspadai limpahan air dari kawasan hulu, yakni Lereng Merapi dan Gunungkidul.

Menurut Camat, pihaknya masih mendata luasan lahan pertanian yang terendam air. Sementara, warga diminta waspada dan siaga terhadap berbagai kemungkinan. Dia menambahkan, kejadian itu telah dilaporkan ke Pemkab melalui Badan Kesbangpol dan Linmas serta SAR setempat. “Semoga air cepat surut dan tak sampai masuk ke rumah warga,” harapnya.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Klaten, Sri Winoto membenarkan adanya luapan Kali Dengkeng. “Sementara diantisipasi dengan tanggul darurat menggunakan sak pasir,” ungkapnya melalui SMS.

Advertisement

rei

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Meletus Merapi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif