News
Rabu, 3 November 2010 - 10:11 WIB

SBY minta pengungsi tak kembali ke rumah dulu

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengimbau kepada para pengungsi Gunung Merapi untuk tidak kembali ke rumahnya dulu hingga kondisi Merapi kembali normal.

“Ini untuk keselamatan bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, mengingat saat ini masih ada letusan di Merapi meski dengan ukuran tidak besar,” kata Presiden SBY saat mengunjungi posko pengungsian di Kelurahan Purwobinangun, Jogja Rabu (3/11).

Advertisement

Presiden SBY juga berjanji kepada para pengungsi bahwa pemerintah akan membantu perbaikan rumah milik warga yang hancur akibat awan panas. “Kerusakan karena awan panas nanti pemerintah akan bantu perbaikannya, tapi untuk saat ini bapak-bapak ibu-ibu tinggal di pengungsian dulu,” ujarnya.

SBY meminta kepada warga Merapi untuk sabar menghadapi bencana yang saat ini terjadi. “Insya Allah semuanya akan kembali normal lagi dan bapak-bapak bisa kembali lagi,” ujar Presiden.

Menyertai Presiden dalam kunjungan ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri ESDM Darwin Z Saleh, Menteri PU Djoko Kirmanto, Mendiknas M Nuh, Mensesneg Sudi Silalahi, Kepala Badan Pertanahan Nasional Djoyo Winoto, dan Kepala BNPB Syamsul Maarif.

Advertisement

Rencananya, dari posko Purwobinangun, SBY dan rombongan akan menuju Posko Utama Penanggulangan Bencana Merapi yang masih berada di kawasan Pakem. Di posko ini, Presiden juga akan mendengarkan paparan Gubernur DIY. Presiden kemudian meneruskan peninjauannya ke posko di Desa Dompol, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sebelum kembali ke Jakarta, melalui Semarang, Presiden terlebih dahulu akan bertemu Bupati Klaten di Pendopo Kabupaten Klaten.

Letusan Merapi kali ini sudah menewaskan 38 warga, termasuk si juru kunci Merapi Mbah Maridjan dan rekan kami Yuniawan Wahyu Nugroho.

Advertisement

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif