News
Rabu, 3 November 2010 - 11:31 WIB

Pemilu Sela AS, Partai Republik menangi pemilihan DPR

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Reuters

Reuters

Advertisement

Washington–Seperti yang telah diprediksi, Partai Demokrat akhirnya bertekuk lutut pada Partai Republik dalam pemilihan anggota DPR yang berlangsung di Amerika Serikat, Selasa (2/11) waktu setempat.

Partai Republik berhasil merebut mayoritas suara di DPR yang selama ini dipegang Partai Demokrat. Menurut hasil perolehan suara sementara yang dilansir ABC News, Rabu (3/11), Partai Republik telah memenangi 226 kursi DPR. Sedangkan Partai Demokrat sejauh ini harus puas dengan meraih 175 kursi.

Padahal untuk meraih mayoritas suara di DPR, partai hanya perlu untuk memenangi 218 kursi. Ini berarti perolehan kursi DPR Partai Republik telah melebihi ketentuan tersebut.

Advertisement

Namun untuk pemilihan Senat, Partai Demokrat diprediksi berhasil mempertahankan mayoritas Senat dengan kemenangan tipis dibandingkan Partai Demokrat.

Hal ini sesuai dengan hasil perolehan suara yang dilansir ABC News. Sejauh ini Partai Demokrat telah memenangi 50 kursi Senat sedangkan Partai Republik meraih 45 kursi Senat.

Sebelumnya hasil sejumlah jajak pendapat memang menunjukkan, Partai Demokrat akan kehilangan mayoritas suara di DPR dan harus berjuang keras untuk mempertahankan mayoritas Senat.

Advertisement

Seperti diketahui, pemilu sela yang digelar di AS ini dilakukan untuk memilih keseluruhan 435 anggota DPR, 37 dari 100 kursi di Senat, dan 37 gubernur dari 50 negara bagian.

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : Partai Republik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif