Rabu, 3 November 2010 07:11 WIB Internasional Share :

Obama desak Presiden Yaman perketat keamanan kargo udara

Washington–Presiden AS Barack Obama mendesak Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, untuk meningkatkan keamanan pengiriman kargo lewat udara. Hal ini menyusul terungkapnya plot pengeboman dengan paket bahan peledak asal Yaman di pesawat dengan tujuan AS.

“Presiden menekankan kebutuhan bagi Yaman untuk membantu penguatan sektor pengiriman kargo melalui peningkatan keamanan,” kata Gedung Putih usai pertemuan antara dua Presiden tersebut, seperti dilansir AFP, Selasa (2/11).

Dalam pertemuan itu, Obama dan Saleh juga mendiskusikan kerjasama AS-Yaman dalam memberantas Al-Qaeda di semenanjung Arab. Obama juga mengajak dunia internasional untuk membantu Yaman dalam memperkuat keamanan pengiriman kargonya.

“Presiden Saleh menyatakan komitmen penuh untuk bekerja sama dengan AS, begitu juga dengan investigasi yang sedang berjalan di Inggris dan Uni Emirat Arab,” kata pernyataan Gedung Putih.

“Presiden menyoroti hubungan AS dengan Yaman difokuskan pada isu pemberantasan terorisme, begitu juga pembangunan kesejahteraan dan stabilitas Yaman melalui bantuan ekonomi dan kemanusiaan,” tambahnya.

Ancaman teroris ini bermula dari ditemukannya sebuah paket di Bandara East Midlands, Inggris berisi cartridge tinta komputer yang dimanipulasi. Cartridge itu berisi bubuk putih, kabel dan papan sirkuit yang diduga merupakan material bom. Paket dari Yaman itu ditemukan dalam pesawat kargo UPS bertujuan AS.

Kemudian paket mencurigakan lainnya, juga menuju Amerika, ditemukan dalam pesawat FedEx di Dubai. Pesawat-pesawat kargo itu diperiksa di bandara Philadelphia dan Newark dekat New York, AS.

Presiden AS Barack Obama menyampaikan langsung perihal temuan paket bahan peledak tersebut. Obama mengatakan, otoritas telah menemukan ancaman teroris kredibel terhadap AS menyusul temuan paket-paket berisi bahan peledak di atas pesawat-pesawat kargo bertujuan AS.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…