Rabu, 3 November 2010 19:21 WIB News Share :

Letusan Merapi tak pengaruhi kunjungan wisatawan

Jogja–Bencana letusan Gunung Merapi tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara yang datang  ke Yogyakarta.

“Sejauh ini dampak dari  letusan Merapi tidak mempengaruhi kedatangan wisatawan mancanegara maupun nusantara yang datang ke Yogyakarta. Hal ini terlihat dari kondisi hunian sejumlah hotel di Yogyakarta masih normal serta bandara juga telah dibuka kembali dan semua berjalan dengan normal,” kata Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia (ASITA) DIY, Edwin Ismedi Himna, di Jogja, Rabu (3/10).

Ia mengemukakan meski ada penurunan pada pengguna jasa perhotelan, tetapi penurunan tersebut tidak signifikan dan tidak berpengaruh.

Pihaknya telah bekerjasama dengan instansi terkait untuk membantu menginformasikan kepada masyarakat baik luar negeri maupun dalam negeri, jika kondisi Jogja dalam kondisi aman untuk dikunjungi.

“Kami bekerjasama dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk turut menginformasikan kondisi Yogyakarta dalam kondisi aman dari bencana Gunung Merapi,” imbuhnya.

Namun, lanjut dia, pihaknya terus siaga terhadap kondisi Gunung Merapi yakni dengan cara menutup sementara tur wisata yang berbau volkano.

“Kami tetap siaga terkait kondisi Gunung Merapi saat ini, dengan menutup sejumlah paket tour perjalanan wisata yang arahnya menuju atau berdekatan dengan Gunung Merapi, seperti pendakian Gunung, wisata alam di sekitar lereng Merapi,” paparnya.

Ia berharap dengan kondisi Gunung Merapi yang demikian tidak membuat  wisatawan menjadi takut atau segan berkunjung ke Yogyakarta.

Sementara itu,  sebelumnya  Manager Operasional PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Adisutjipto Jogja, Halendara YW, mengatakan jika akibat letusan Gunung Merapi tidak mempengaruhi kondisi wisatawan yang datang berkunjung ke Jogja dan  hal ini terlihat dari sejumlah wisatawan yang menggunakan jasa transpotasi udara di Bandara Adisutjipto.

Kota Jogja merupakan alternatif berlibur bagi sejumlah wisatawan baik mancanegara maupun nusantara, justru ketika mendekati akhir pekan jumlah wisatawan yang datang ke Jogja semakin bertambah.

“Pada awal pekan, yakni pada hari Senin, Selasa, Rabu jumlah penumpang pesawat baik pemberangkatan atau kedatangan berjumlah sekitar 4.600 hingga 4.800 penumpang. Sedangkan kalau akhir pekan yakni pada hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu jumlah penumpang bisa mencapai 5.000 sampai 6.000 penumpang,” paparnya.

ant/nad

lowongan pekerjaan
SUNAN TOUR AND TRAVEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…