Rabu, 3 November 2010 16:55 WIB News Share :

Hujan pasir, sejumlah warga diperkirakan terjebak

Klaten (Espos) — Merapi yang kembali meletus sekitar pukul 15.30 WIB tadi menimbulkan hujan abu yang cukup lebat di wilayah Boyolali dan bahkan hujan pasir di wilayah Kemalang, Klaten.

Diperkirakan puluhan warga terjebak di sejumlah desa di Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari pantauan Espos, ratusan warga memadati Lapangan Keputran, Kemalang, Klaten untuk menyelamatkan diri dari letusan Merapi. Namun mereka tidak selamat dari hujan pasir yang mengguyur mereka.  Namun menurut sejumlah pengungsi, diperkirakan masih ada warga yang belum turun dan terjebak di desa yang tempatnya lebih tinggi.

Atas kondisi ini,  radius zona aman di daerah itu diperpanjang menjadi 10 km dari sebelumnya sepanjang 7 km. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Klaten, Sunarna. saat berbincang dengan <I>Espos<I>  .

Di sisi lain, situasi ini tampaknya juga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dilaporkan, ada sejumlah orang yang menjarah rumah-rumah penduduk di saat warga panik. mengetahui hal ini sejumlah warga dan petugas kembali naik ke atas untuk mencari pelaku.

Kepanikan warga juga terjadi di kawasan Selo, Boyolali sesaat setelah Merapi meletus. Dilaporkan Merapi memang terus menerus meletus sejak pukul 14.00 WIB dengan interval kurang lebih satu menit. Namun demikian, letusan tersebut tidak bisa terpantau dari tempat tersebut karena pada saat yang bersamaan turun hujan yang cukup lebat.

Namun orang-orang di pos pemantauan langsung panik dan turun setelah mendengar kabar dari radio komunikasi bahwa Merapi meletus. Tidak berapa kemudian setelah meletus hujan abu mengguyur wilayah Boyolali.

asa/fid

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…