Soloraya
Selasa, 2 November 2010 - 22:24 WIB

Merapi keluarkan lava dengan volume kecil

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten — Puncak Merapi mengeluarkan lava pijar berwarna kemerahan. Namun volumenya terhitung kecil dan belum dinyatakan berbahaya. Meski demikian warga diminta untuk tetap waspada.

Aliran lava pijar muncul sejak pukul 20.00 WIB, Selasa (2/11). Guguran lava pijar ini mengalir ke arah Timur atau ke arah Kali Gendol, Klaten.

Advertisement

“Guguran lava pijar sedikit demi sedikit dengan volume kecil mengalir ke Kali Gendol. Harap waspada, sekali lagi harap waspada. Walaupun masih terpantau aman,” ujar salah seorang operator pemantau aktivitas Merapi di pos pemantauan Balairante, Sleman.

Menurut petugas, guguran lava pijar ini tidak terlalu berbahaya jika volumenya kecil. “Volumenya masih kecil masih aman. Kemungkinan mengalirnya ke Klaten, Jawa Tengah,” demikian penjelaskan operator radio.

Tak lama dari radio komunikasi yang dia bawa terdengar bunyi seismograf yang menandakan Merapi sedang beraktivitas. Keluarnya lava pijar ini disertai bunyi gemuruh yang sangat keras dari guguran batu yang juga menuju ke Kali Gendong.

Advertisement

Berdasar pantuan reporter detikcom dari Posko Pakem, Sleman, aktivitas tersebut tidak diikuti dengan munculnya awan panas dari puncak Merapi.

dtc/tya

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Meletus Merapi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif