Haji
Selasa, 2 November 2010 - 14:59 WIB

Jemaah menumpuk di asrama, Calhaj Kloter 71 ditahan di daerah

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos) — Penumpukan jemaah calon haji (Calhaj) di Asrama Haji Donohudan membuat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo kewalahan. Agar penumpukan tidak lebih parah, PPIH meminta jemaah kelompok terbang (Kloter) 71 Kabupaten Kendal menunda keberangkatan dari daerah.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pengumpulan dan Pengolahan Data (Pulahta) merangkap Sekretaris Humas PPIH Embarkasi Solo, Akhmad Su’aidi, menyatakan sampai Selasa (2/11) pukul 13.30 WIB,  asrama haji sudah menampung lebih dari 2.600 Calhaj dari tujuh Kloter berbeda. Padahal Asrama Haji Donohudan sebenarnya hanya memiliki daya tampung untuk jemaah dari lima Kloter saja.

Advertisement

Calhaj Kloter 71 dari Kabupaten Kendal dijadwalkan tiba di Asrama Haji Donohudan, Selasa (2/11) pukul 17.00 WIB. “Tapi karena persoalan daya tampung, keberangkatan mereka dari daerah kami minta untuk ditunda sampai ada pemberitahuan berikutnya,” ungkap Su’aidi ketika ditemui Espos di Sekretariat Humas PPIH Embarkasi Solo, didampingi pejabat Humas lainnya, Zainal Abidin.

Informasi yang dihimpun, kedatangan Calhaj Kloter 70 dari Kabupaten Magelang sebenarnya juga sempat diminta dilakukan penundaan. Namun karena sudah dalam perjalanan, rombongan pun tetap memasuki asrama haji sesuai jadwal pada pukul 13.00 WIB. Hal berakibat jemaah yang bertumpuk di asrama haji semakin bertambah setelah sebelumnya sudah ada enam Kloter yang lain.

try

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif