Selasa, 2 November 2010 10:43 WIB News Share :

16 Orang lansia bersepeda Jakarta-Surabaya

Surabaya–Sebanyak 16 orang lanjut usia (lansia) akan bersepeda dari Jakarta – Surabaya dengan menempuh jarak sejauh 815 kilometer guna menyemarakkan Dies Natalis ke-50 tahun atau Dies Natalis Emas ITS Surabaya.

“Kegiatan yang didukung penuh oleh IKA (ikatan alumni) ITS Jatim, IKA ITS Jakarta dan IKA ITS Jateng itu bertujuan memasyarakatkan pola hidup yang hemat dan sejahtera, yakni budaya bersepeda,” kata ketua pelaksana, Ir Gunawan, di Surabaya, Selasa (2/11).

Kegiatan yang juga menyemarakkan Hari Pahlawan itu digagas, katanya, karena manusia idealnya harus berjalan kaki sejauh 3,2 kilometer per hari, namun faktanya manusia sekarang hanya berjalan dalam jarak 500 meter per hari dan memakai sepeda motor.

“Nantinya, tim itu akan memulai perjalanan mulai Minggu (7/11) sampai Minggu (14/11) mendatang,” kata ketua pelaksana yang juga akan bersepeda.

Rencananya, mereka diberangkatkan tepat pukul 06.00 WIB dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta.  Menurut dia, perjalanan akan memakan waktu selama tujuh hari dengan rata-rata jarak tempuh per hari mencapai lebih dari 100 kilometer dengan kecepatan 15-20 kilometer/jam.

“Jarak terjauh terjadi pada tanggal 13 November di kala tim menembus jarak Cirebon-Pekalongan sejauh 136 kilometer,” katanya.

“Rata-rata dari anggota tim memang sudah terbiasa bersepeda jarak jauh,” kata Gunawan yang berumur 62 tahun dan memulai bersepeda setelah dokter memvonis terkena lemah jantung dan harus dioperasi.

“Yang jelas, kami mengampanyekan hidup sehat dan hemat di kota-kota yang akan kami lewati mulai dari Jakarta, Pamanukan, Indramayu, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Kudus, Pati, Rembang, Tuban, Gresik, dan ‘finish’ di Surabaya,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…