Senin, 1 November 2010 16:17 WIB Klaten Share :

Kawanan kera di hutan Bubat terbakar

Klaten (Espos)–Letusan Gunung Merapi yang terjadi Senin (1/11) sekitar pukul 10.00 WIB membakar habis kawasan hutan cemara Bubat di Desa Sidorejo
Kemalang.

Kebakaran itu diduga kuat juga turut membakar kawanan kera yang biasa menyerang dan memakan pertanian warga di desa setempat.

“Saat ini, kawanan kera tak lagi turun dan menyerang ladang warga. Dugaan kuat terjebak di dalam hutan cemara bubat,” kata Koordinator Paguyuban Siaga (Pasag) Merapi, Sukiman kepada Espos, Senin (1/11).

Sukiman melaporkan, sejumlah desa yang selama ini menjadi incaran kawanan kera ialah Desa Sidorejo, Tegalmulyo, dan Balerante Kecamatan Kemalang Klaten.

Kawanan kera tersebut jumlahnya bahkan mencapai ratusan ekor yang tiap pagi dan siang turun dan menyerbu serta merusak ladang-ladang warga. Namun, imbuhnya, sejak berkali-kali terjadi letusan gunung Merapi, kawanan kera tak lagi nampak.

“Dugaan kami, kawanan kera itu terjebak di dalam hutan ketika diselimuti awan panas atau wedus gembel,” paparnya.

asa

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…