Senin, 1 November 2010 14:18 WIB Tekno Share :

Dengan software ini Si Bos bisa pantau Anda

Jakarta--Perangkat lunak baru bisa melacak aktivitas pekerja dalam detail besar untuk meningkatkan komunikasi, apakah ini berlebihan?

Banyak aplikasi pesan instan (instant messaging) dan aplikasi email menunjukkan siapa yang online saat itu. Sebuah aplikasi baru mengambil langkah serupa secara keseluruhan lebih lanjut.

Aplikasi ini dapat memberitahu anda jika rekan kerja sedang sibuk bekerja di mejanya, sedang mengobrol di telepon atau jika dia meninggalkan kantor pada istirahat siang.

Sistem, yang disebut myUnity, dikembangkan di Palo Alto FX Laboratorium, lab penelitian yang dimiliki oleh Fuji Xerox. Aplikasi untuk Ponsel pintar dan desktop ini memberikan pengguna daftar kontak visual, menunjukkan apa yang dilakukan kontak mereka.

Hal ini dapat membantu pengguna memutuskan kapan saat yang tepat untuk menghubungi seseorang, dan cara terbaik untuk melakukannya. MyUnity mengacu pada berbagai sumber informasi, termasuk lokasi ponsel yang menjalankan aplikasi dan informasi diproses dari webcam pengguna.

Perangkat lunak ini menyediakan antarmuka satu-klik untuk menghubungi seseorang baik melalui e-mail atau pesan instan.

Yakub Biehl, anggota tim yang mengembangkan myUnity, mengatakan bahwa perangkat lunak dapat membantu menangani pengguna dengan tempat kerja semakin terfragmentasi.

“Jumlah orang yang menggunakan alat untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan mereka semakin meningkat, dan orang-orang yang bekerja di lokasi yang berbeda dan kantung-kantung waktu,” kata Biehl.

Perangkat lunak, tersedia untuk komputer Windows dan ponsel pintar Android, menggunakan kode warna yang sederhana dan teks untuk menunjukkan apakah seseorang, misalnya, duduk sendirian di workstation, atau jika ia jauh dari meja namun masih dalam gedung.

Hal ini membuat mudah untuk memutuskan kapan saat terbaik untuk berbicara dengan seseorang, atau untuk panggilan telepon selulernya, imbuh Biehl. Antarmuka juga dapat menampilkan informasi lebih rinci, misalnya, dengan menampilkan pesan status dari IM atau jasa VOIP dan menggambar di kalender publik.

Informasi dikumpulkan oleh sebuah paket perangkat lunak dan sensor yang mengirim data kembali ke layanan yang berjalan di cloud, di mana klien pengguna dapat mengaksesnya.

Perangkat lunak yang diinstal pada jaringan perusahaan memantau dari mana orang masuk; dan aplikasi telepon berbagi informasi lokasi mereka (meskipun hanya kota mereka dalam dibagi dengan pengguna lain).

“Anda juga dapat menimpa dengan label custom untuk lokasi tertentu, misalnya, rumah mereka,” lanjut Biehl.

Ketika seseorang berada di kantor, perkiraan lokasinya di dalam gedung dapat menunjuk melalui jalur akses Wi-Fi dan Bluetooth sensor pelacakan telepon atau laptop mereka.

MyUnity bisa tahu jika seseorang bekerja di mejanya dengan mengaktifkan webcam atau kamera keamanan dengan pemandangan ruang kerjanya.

“Mereka mencari gerak di daerah-daerah tertentu yang didefinisikan oleh user,” imbuh Biehl dikutip Technology Review.

Yang memungkinkan bagian dari sistem tidak hanya untuk melihat gerakan seseorang yang duduk di meja mereka, tetapi juga untuk tempat kehadiran pengunjung.

Tim ini bereksperimen dengan menggunakan sensor infra merah yang merasakan kehadiran orang-orang tetapi tidak menangkap video.

Perangkat lunak ponsel Android juga mendeteksi apakah seseorang sedang dalam panggilan telepon atau tidak, sedangkan versi desktop tahu apakah seseorang aktif menggunakan komputer atau tidak.

Kemampuan untuk melacak penggunaan telepon meja ditambahkan ke layanan tersebut. Pengguna dapat memilih sejauh mana mereka ingin sistem untuk berbagi tentang mereka.

ant/nad

lowongan pekerjaan
PT.MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…