(Foto: thinkstock) (Foto: thinkstock)
Senin, 1 November 2010 09:20 WIB Kesehatan Share :

Agar berat badan saat hamil tak terlalu melonjak

(Foto: thinkstock)Jakarta--Kenaikan berat badan selama hamil memang tak bisa dihindari. Tapi terkadang ibu hamil tidak mengontrol makannya sehingga berat badannya bertambah terlalu banyak. Bagaimana cara agar berat badan saat hamil tidak berlebihan?

Memiliki berat badan yang berlebihan selama hamil tidak hanya membuat si ibu kesulitan menurunkannya setelah melahirkan, tapi juga meningkatkan peluang melahirkan melalui operasi caesar.

Seperti dikutip dari Livestrong, Senin (1/11) ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar bisa mengontrol berat badannya selama hamil, yaitu:

1. Menghitung indeks massa tubuh (body mass index/BMI) sebelum hamil
Mengetahui nilai BMI sebelum hamil penting untuk mengetahui berapa jumlah penambahan berat badan yang sehat untuk kehamilan. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memonitor berat badan apakah masih normal atau sudah berlebihan penambahan berat badannya.

2. Mengonsumsi makanan yang seimbang selama hamil
Saat hamil terkadang perempuan memiliki hasrat untuk mengonsumsi berbagai macam makanan dan dalam jumlah besar. Tapi usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang seimbang, terutama makanan dari gandum utuh (whole grain) serta protein sebagai nutrisi penting untuk mendukung kehamilan.

3. Mencatat makanan yang dikonsumsi
Cara ini untuk mengidentifikasi apakah ia sudah makan berlebihan atau tidak. Selain itu buku ini bisa menjadi panduan pilihan makanan sehat selama hamil.

4. Melakukan olahraga atau latihan fisik sebisa mungkin
Dengan melakukan olahraga bisa membantu mencegah berat badan berlebih, misalnya dengan melakukan jalan kaki setiap hari. Tapi ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuhnya, serta memperhatikan skala intensitas latihan fisik yang dilakukannya.

5. Mendiskusikan berat badan dengan dokter
Usahakan untuk selalu mendiskusikan mengenai berat badan setiap melakukan konsultasi, serta berusaha mencari solusinya. Hal ini penting karena berat badan juga bisa menentukan proses persalinan yang akan dilakukan si ibu nantinya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…