News
Senin, 25 Oktober 2010 - 10:50 WIB

Di China, SBY akan teken 26 MoU kerjasama

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden SBY dan rombongan berangkat ke China. Presiden SBY akan menandatangani sejumlah nota kesepahaman kerjasama dan juga menghadiri ajang Shanghai World Expo 2010.

Ikut dalam rombongan, Menlu Marty Natalegawa, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mendag Mari Elka Pangestu, Menperind MS Hidayat. Tepat pukul 07.30 WIB, Senin (25/10), pesawat kenegaraan Garuda Indonesia yang ditumpangi SBY dan rombongan meninggalkan Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Advertisement

Di World Expo Shanghai China 2010, Presiden akan mengunjungi Paviliun Indonesia. Selain itu, Presiden SBY akan menjadi pembicara utama pada forum bisnis yang akan dihadiri oleh sekitar 300 orang pengusaha terkemuka China dan Indonesia.

Agenda lain Presiden SBY yang juga penting adalah menyaksikan penandatanganan 26 nota kesepakatan kersamajama. Seperti dalam bidang pertambangan, infrastruktur, energi, ekonomi kreatif, pangan perikanan dan pertambangan.

Usai kunjungan kerjanya ke China, Presiden SBY menuju Hanoi, Vietnam. Agenda di sana adalah menghadiri pertemuan puncak ke- 17 ASEAN yang berlangsung pada 27-30 Oktober 2010.

Advertisement

“Pada akhir pertemuan, saya akan menerima jabatan selaku Chairman of ASEAN dan ASEAN Summit dari Presiden Vietnam sebab tahun depan, kita yang akan menjadi ketua ASEAN. Saya akan sampaikan pidato mengenai ke arah mana ASEAN dibawa,” ujar SBY.

Di sela pertemuan puncak tersebut, Presiden juga mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala pemerintahan negara sahabat. Di antaranya dengan Presiden Filipina, Presiden Korea Selatan, PM China, PM Jepang dan PM Selandia Baru.

“Semuanya punya kerja sama erat terkait ekonomi kita. Terutamanya dengan hCina, Jepang dan Korea,” jelas SBY.

Advertisement

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif