Haji
Rabu, 20 Oktober 2010 - 07:44 WIB

Jemaah Indonesia mulai bergerak menuju Mekah

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jeddah–Sebanyak enam kelompok terbang jemaah calon haji (Calhaj) Indonesia, Rabu (20/10), mulai bergerak meninggalkan Madinah untuk menuju Mekah, Arab Saudi.

Sesuai jadwal, para Calhaj asal Indonesia dijadwalkan mulai meninggalkan Madinah usai Subuh. Pelepasan dilakukan Konjen RI Zakaria Anshar di salah satu pemondokan haji.

Advertisement

Penggeseran rombongan haji Indonesia ke Mekah itu akan dilakukan dalam tiga tahap yakni usai subuh, usai zuhur dan usai maghrib.

“Besok (hari ini-red) enam kloter dilepas mulai usai Subuh, maksimal paling telat pukul 06.00 waktu setempat,” kata Wakil Kepala Daerah Kerja Madinah Bidang Perumahan dan Katering Mucholih Djimun kepada wartawan di Kantor Misi Haji Indonesia, di Madinah, Selasa (19/10).

Pernyataan itu juga dibenarkan Kadaker Mekah, Cepi Supriatna. Ia mengatakan, untuk jadwal usai Subuh atau pukul 06.00 waktu Arab Saudi yang akan bergeser ke Mekah ada 4 kloter yakni Banjarmasin 1 (325 jamaah), Ujung Pandang 1 (360), Medan 1 (453) dan Banda Aceh 1 (323).

Advertisement

Selanjutnya, satu kloter yakni Ujung Pandang/Makassar 1 (359 jemaah) akan menyusul berangkat ke Mekah pukul 13.00. Dan yang terakhir pada pukul 18.30, kloter JKG 1 bergerak menuju Mekkah.

Untuk pemberangkatan tersebut, disiapkan 8-10 bus untuk mengangkut calhaj setiap kloter.

Hingga kini total jumlah Calhaj yang masuk Madinah tercatat 45.559 orang atau 113 kloter. Jumlah yang masuk Madinah sampai Selasa kemarin sebanyak 13 kloter.

Advertisement

Calhaj berada di Madinah untuk melaksanakan ibadah Salat Arbain, yakni salat lima waktu selama 8 hari atau 40 kali berturut-turut. Mereka bergerak ke Mekah untuk persiapan Wukuf di Arafah yang merupakan salah satu rukun haji.

ant/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif