News
Sabtu, 9 Oktober 2010 - 14:35 WIB

Bea Cukai akui kapal penyelundup lebih canggih

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kondisi perlengkapan kapal patroli Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kepulauan Riau cukup memprihatinkan. Peralatan patroli yang digunakan untuk mengawasi pergerakan di seputar Selat Malaka masih kalah hebat dibanding para ‘penjahat’ yang kerap menyelundupkan barang ilegal.

Hal ini setidaknya dituturkan oleh Kabid Penindakan dan Sarana Operasi Ditjen Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau Untung Purwoko. Ia mengatakan, kapal-kapal patroli Bea Cukai tak bisa mengejar penyelundup ‘kelas kakap’ yang menggunakan speed boat berkecepatan tinggi.

Advertisement

“Kapal-kapal patroli kita hanya cepat bertenaga 2×200 PK, sementara untuk speed boat penyelundup bisa berkekuatan 3×300 PK. Jadi kita cuma bisa nonton, dan nggak bisa mengejar,” tutur Untung saat ditemui di kantornya, di kantornya, Merau, Tanjung Balai Karimun, Sabtu (9/10).

Untung mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada kantor pusat Bea dan Cukai untuk memberikan kapal patroli dengan kekuatan yang sama agar dapat mengimbangi kekuatan kapal penyelundup.

Dikatakannya barang-barang selundupan yang dibawa oleh speed boat para penyelundup ini tidak main-main. Mobil-mobil mewah kerap kali menjadi barang selundupan yang diangkut speed boat.

Advertisement

“Selain itu ada juga HP dan barang-barang elektronik,” imbuhnya.

Saat ini kapal kekuatan patroli yang dimiliki Bea Cukai Kepulauan Riau mencapai 28 unit. Kapal ini terdiri dari kapal patroli FPB 38 M sebanyak 2 unit, kapal patroli FPV 28 M sebanyak 13 unit, kapal patroli VSV 15 M sebanyak 7 unit, dan speed boat sebanyak 4 unit.

dtc/rif

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kapal Penyelundup
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif