News
Rabu, 6 Oktober 2010 - 18:59 WIB

Hendarman: Calon Jaksa Agung harus tahu anatomi Kejaksaan

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji menyampaikan harapannya soal calon Jaksa Agung yang akan menggantikan dirinya.

Meskipun mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden SBY, Hendarman tetap berharap calon Jaksa Agung nantinya haruslah orang yang tahu anatomi Kejaksaan.

Advertisement

“Pertimbangan saya, kalau institusi ini dinyatakan sakit, tentunya yang bisa menyembuhkan adalah seorang dokter. Dokter yang harus mengetahui anatomi tubuh. Setelah itu baru memberikan terapi dan pengobatan,” ujar Hendarman menjelaskan pertimbangan dirinya soal calon Jaksa Agung.

Hal itu disampaikan Hendarman saat memberikan sambutan dalam acara perpisahan dirinya di Sasana Andrawina Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Rabu (6/10).

“Kalau orang tersebut tidak tahu anatomi, saya tidak bisa membayangkan. Wong orang dalam yang tahu anatomi belum tentu bisa, apalagi orang luar. Tahu-tahu diberi air keras, bisa-bisa paralysed, lumpuh. Oleh karena itu sebaiknya orang dalam,” imbuhnya.

Advertisement

Bila memang nantinya orang dalam Kejaksaan yang ditunjuk belum berhasil menjalankan tugasnya, Hendarman berpendapat, orang tersebut tentu harus diganti.

Namun diganti dengan orang dalam juga, hingga akhirnya orang tersebut berhasil memimpin Kejaksaan.

“Biar yang di bawah lihat ke atas, yang di atas bisa menjadi panutan. Biar regenerasi berjalan di Kejaksaan. Jangan kalau orang dalam gagal ganti orang luar, gagal lagi ganti lagi orang dalam. Jadi susah nanti. Hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah,” terangnya.

Advertisement

Namun demikian, Hendarman menyatakan, soal calon Jaksa Agung yang akan dipilih, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden SBY.

“Saya serahkan sepenuhnya kepada bapak Presiden,” tandas Hendarman.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif