Kamis, 30 September 2010 18:07 WIB News Share :

Pembakar Alquran di Florida bukan cerminan rakyat AS

Jakarta--Dubes AS untuk Indonesia, Scot Marciel, menegaskan aksi pembakaran Alquran oleh para pengikut Terry Jones di Florida, AS, bukanlah cerminan sikap rakyat AS terhadap Islam. Banyak pihak di AS yang mengecam aksi itu.

“AS seperti juga Indonesia sangat menghargai kebebasan beragama. Namun dalam negara yang besar ini, pasti ada sekelompok kecil orang yang tidak mendukung hal tersebut,” kata Marciel di kediamannya, Jl Teuku Umar, Jakarta, Kamis (30/9).

Menurut Marciel, protes terhadap pembakaran Alquran tidak hanya datang dari luar AS. Di dalam negeri pun, masyarakat AS mengecam para pengikut Terry Jones.

“Ketika ada orang di Florida yang membakar Alquran, masyarakat AS yang lain mengecamnya,” ujar Marciel.

Marciel menambahkan bahwa sentimen-sentimen SARA kerap muncul dari kelompok kecil pada negara-negara besar dengan penduduk yang majemuk. Padahal mayoritas masyarakat sangat mendukung toleransi.

“Tantangan yang dihadapi Indonesia dan AS adalah sama,” tutupnya.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…