Kamis, 30 September 2010 13:39 WIB Kesehatan Share :

Ketombe pertanda sedang stres

Jakarta–Rasa gatal dan serpihan putih di baju merupakan hal-hal menjengkelkan bila kulit kepala diserang ketombe. Dan tahukah Anda bahwa ketombe bisa jadi salah satu tanda orang mengalami stres?

Ketombe adalah kondisi kulit yang gatal pada kulit kepala yang berkembang selama proses pertumbuhan normal sel-sel di kulit kepala. Pada kulit kepala normal, sel-sel lama mati dan mengelupas sekitar setiap bulan dan sel-sel pengganti akan diproduksi dengan cepat. Tapi bila kulit kepala berketombe, sel kulit akan mengelupas sebelum mengalami kematian.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu ketombe, salah satu yang jarang disadari adalah stres. Stres yang berulang dapat menyebabkan kelelahan, yang berarti juga dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Perubahan negatif yang dapat tercermin adalah dengan memburuknya ketombe.

Dilansir dari Livestrong, Kamis (30/9), ada dua hal yang dapat menyebabkan ketombe, yaitu faktor internal dan ekstrenal.

Faktor internal seperti stres emosional, ketidakseimbangan hormon, kesehatan yang buruk, kebersihan yang buruk, alergi terhadap susu, coklat, kacang atau kerang, kurang istirahat, konsumsi gula berlebihan, lemak, pati dan predisposisi keturunan.

Sedangkan faktor eksternal antara lain penggunaan semprotan rambut dan gel yang berlebihan, penggunaan produk pewarnaan rambut, penggunaan rol rambut atau curling iron berlebihan, cuaca dingin, panas, jarang mencuci rambut atau bilasan kulit kepala tidak memadai.

Sebagian besar dokter spesialis kulit menyatakan bahwa ketombe dikaitkan dengan jamur kecil yang disebut Pityrosporum ovale atau P. ovale. Jamur ini tinggal di tubuh dan kulit kepala sepanjang waktu, biasanya tanpa menyebabkan masalah. Tapi bagi beberapa orang, jamur ini akan tumbuh di luar kendali dan menyebabkan lebih banyak ketombe.

Untuk dapat mengatasinya, hindari atau segera atasi stres dengan benar. Selain itu, menurut Encyclopedia of Natural Healing oleh Siegfried Gursche, nutrisi juga dapat memainkan peran besar dalam mengendalikan ketombe.

Karbohidrat dan metabolisme asam lemak yang tidak efisien dapat menyebabkan ketombe. Sedangkan solusi alami untuk dapat memerangi ketombe adalah bawang putih, bawang merah dan minyak zaitun, minyak kelapa dan oregano.

Untuk bawang, bisa digunakan dengan memotong bawang mentah segar atau menghaluskannya, kemudian dioleskan pada kulit kepala. Biarkan selama setengah jam dan cuci dengan air bersih secara menyeluruh. Ini akan membantu menyingkirkan ketombe.

Untuk minyak, oleskan setengah cangkir minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak oregano pada kulit kepala, kemudian tutup dengan handuk dan biarkan semalaman. Di pagi harinya, bilas rambut dengan campuran air hangat dan air lemon. Hal ini juga efektif untuk mengurangi dan menghilangkan ketombe.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…