Kamis, 30 September 2010 16:36 WIB News Share :

Kepala Densus 88 Brigjen Tito Karnavian pindah tugas ke BNPT

Jakarta–Pergeseran perwira tinggi dan menengah Polri terjadi di jajaran Densus 88 Antiteror. Mereka berpindah tugas ke Badan Penanggulangan Nasional Terorisme (BNPT). Salah satunya yang pindah yakni Kadensus 88 Brigjen Pol Tito Karnavian.

Dalam dokumen yang diperoleh wartawan, Kamis (30/9), mutasi perwira Densus itu berdasarkan telegram rahasia (TR) bernomor STR/772/IX/2010 tertanggal 29 September 2010 dan ditandatangani Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri Irjen Pol Edy Sunarno.

Dalam surat itu, Tito disebutkan akan bertugas di BNPT. Posisinya sebagai Kadensus 88 digantikan Kombes Pol Muhamad Syafii. Selain Tito, perwira lainnya yang akan bertugas di BNPT yakni Kombes Pol Eko Satryo yang sebelumnya menjabat sebagai Direskrim Polda Aceh.

Juga Kombes Pol Petrus Golose yang menjabat sebagai Wadir II Eksus Mabes Polri kini bertugas di BNPT, dan Kombes Pol Rudi Sufahriadi yang pernah menjabat sebagai Kadensus 88 Polda Metro Jaya, dan menjadi perwira di Bareskrim Polri ikut dipindahtugaskan ke BNPT.

Namun saat dikonfirmasi Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Iskandar Hasan mengaku belum mengetahui mutasi tersebut. “Saya belum lihat TR itu,” kata Iskandar saat dihubungi wartawan.

BNPT diketahui sebagai badan koordinatif dalam melakukan penindakan terorisme. BNPT dibentuk dengan Peraturan Presiden No 46 tahun 2010, badan ini bertanggung jawab kepada presiden dan mempunyai tugas untuk melakukan program deradikalisasi dan mencegah tindakan terorisme.

dtc/tiw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…