News
Rabu, 29 September 2010 - 09:52 WIB

Rizal Mallarangeng serahkan aset di TN Halimun ke negara

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kawasan Taman Nasional (TN) Gunung Halimun tak lama lagi akan kembali hijau. Satu per satu pemilik lahan dan vila di lokasi itu mengembalikan lahan ke negara, termasuk Direktur Freedom Institute Rizal Mallarangeng.

Rencananya, Rizal akan langsung menyerahkan 10 hektar tanah miliki ke Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Penyerahan lahan dan bangunan dilakukan cuma-cuma.

Advertisement

“Ada sekitar 10 hektar. Saya serahkan murni, dulu saya beli Rp 75 juta per hektarnya, jadi total sekitar Rp 750 juta. Saya memberikan cuma-cuma tanpa syarat,” kata Rizal saat dihubungi, Rabu (29/9).

Pria berkumis ini mengatakan sejak awal dirinya tak bermaksud untuk merusak lingkungan dengan membeli lahan di hutan konservasi itu. Justru pembelian lahan dilakukan karena rasa cinta terhadap alam. “Sekarang Pak Menhut bilang mau dihutankan kembali. Makanya kita dukung,” tambahnya.

Sebagai informasi, terdapat 143 vila liar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat. Vila-vila itu dimiliki artis dan pejabat, antara lain Idus Marham, Rizal Mallarangeng, Ryamizard Ryacudu, dan Ahmad Albar.

Advertisement

Di lokasi juga terdapat vila yang dijadikan tempat usaha seperti resor. Tarif yang dipatok relatif bervariasi antara Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta/malam.

dtc/try

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gunung Halimun
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif