Rabu, 29 September 2010 15:11 WIB Wonogiri Share :

Mayor minta maaf terkait cukur gundul siswa SD

Wonogiri (Espos) — Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor Haristanto, selaku penggagas aksi cukur gundul siswa SDN 1 Ngadirojo, Wonogiri tersebut, Rabu (29/9), menyampaikan permohonan maaf atas aksi tersebut.

Dalam permohonan maaf yang disebarkan kepada wartawan melalui pesan singkat di telepon seluler itu, Mayor menegaskan niat awal acara itu hanyalah untuk mensyukuri kemenangan salah satu alumni SD itu, Danar Rahmanto, dalam Pilkada 2010 Wonogiri.

Selain itu, dia menambahkan dalam acara tersebut juga tidak ada unsur paksaan kepada para siswa untuk mencukur gundul rambut mereka. “Dari lubuk hati yang terdalam, saya memohon maaf jika aksi cukur gundul anak untuk mensyukuri kemenangan Mas Danar dinilai tidak edukatif. Di awal, saya hanya ingin mengajak adik-adik kelas Mas Danar mensyukuri berkah kakak kelas menjadi orang nomor satu di Wonogiri, sekaligus memotivasi bahwa tidak hanya anak kota yang bisa berprestasi, tapi anak desa pun bisa,” ujar dia.

Sementara Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menilai ada pelanggaran hak anak dalam aksi cukur gundul massal di SDN 1 Ngadirojo, Wonogiri yang digagas Presiden Republik Aeng-aeng, Mayor Haristanto, Jumat (24/9) lalu. Terkait itu, Dinas Pendidikan diminta mengambil tindakan tegas.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Suparno mengatakan telah mengklarifikasi masalah tersebut kepada Kepala UPT Disdik Kecamatan Ngadirojo, Suratun, dan Kepala SDN 1 Ngadirojo, Sutarno. Dalam klarifikasi tersebut diungkapkan aksi cukur gundul itu sudah seizin orangtua murid.

shs

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…