Rabu, 29 September 2010 08:03 WIB Internasional Share :

Longsor di Meksiko timbun ribuan rumah, korban tewas capai 600 orang

Mexico City – Tanah longsor terjadi di kawasan pelosok barat daya Meksiko. Ribuan rumah tertimbun dan korban jiwa diperkirakan mencapai 600 orang.

Hujan deras yang mengguyur wilayah pegunungan Oaxaca menyebabkan tanah di kawasan Santa Maria Tlahuitoltepec longsor, sekitar Selasa (28/9) sekitar pukul 03.00 waktu setempat, saat sebagian penduduk terlelap tidur.

Gubernur Oaxaca Ulises Ruiz kepada jaringan Televisa mengatakan bahwa korban tewas, terluka dan terkubur diperkirakan mencapai 500 hingga 600 orang. Sementara koran nasional terkemuka Excelsior melaporkan korban tewas diperkirakan mencapai 1.000 orang.

“Kita dilapori bahwa area yang terkubur sekitar 200 meter (panjangnya),” ujar Ruiz seperti dilansir dari Reuters, Rabu (29/9).

Pemerintah sudah mengirimkan polisi, serta tentara baik dari Angkatan Laut, Darat dan Udara untuk melakukan SAR ke wilayah longsor, sekitar 4 jam berkendara dari ibukota negara bagian Oaxaca itu.

Jalan darat untuk menuju ke tempat longsor mengalami blokade karena ada longsor kecil yang menghambat jalan.

Sementara Otoritas Perlindungan Sipil menerima panggilan bantuan dari penduduk Oaxaca menjelang subuh melalui telepon satelit.

“Mereka mengatakan gunung runtuh dan banyak penduduk di rumah karena memang saat itu waktu tidur,” ujat petugas penyelamat dari Otoritas Perlindungan Sipil Oaxaca, Fausto Martinez.

Hujan deras turun di Amerika Tengah dan sebagian Meksiko beberapa hari ini karena dua badai berpindah dari barat Kepulauan Karibia.


dtc/tya

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…