News
Rabu, 29 September 2010 - 15:50 WIB

Korsel & Korut akan adakan pertemuan militer

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Seoul–Dua rival, Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) akan mengadakan pembicaraan militer pada Kamis (30/9).

Pertemuan itu akan menjadi pertemuan militer pertama antara kedua negara Korea tersebut dalam dua tahun terakhir.

Advertisement

Pejabat Kementerian Pertahanan Korsel seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (29/9) mengatakan, pembicaraan tersebut akan diadakan di desa gencatan senjata Panmunjom. Pembicaraan militer terakhir antara Korsel dan Korut berlangsung pada Oktober 2008 silam.

Pemerintah Korut pertama kali mengusulkan pembicaraan tersebut dua pekan lalu. Korut ingin membicarakan masalah-masalah perbatasan, termasuk langkah-langkah untuk mencegah konflik laut di sepanjang perbatasan Laut Kuning.

Pemerintah Seoul kemudian merespons dengan menyatakan agar pembicaraan tersebut fokus pada peran Korut dalam peristiwa tenggelamnya kapal perang Korsel belum lama ini.

Advertisement

Dua Korea itu sebelumnya bersitegang menyusul tudingan Seoul bahwa Korut melancarkan serangan torpedo ke kapal perang Korsel pada Maret lalu. Serangan itu menewaskan 46 pelaut Korsel. Pemerintah Korut membantah keras tuduhan itu.

Namun belakangan ketegangan itu mulai mencair. Terbukti, pemerintah Korsel mengirimkan bantuan beras ke Korut yang dilanda banjir. Bantuan beras tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir.

Kedua negara juga telah sepakat untuk memulai kembali reuni keluarga-keluarga yang terpisah akibat Perang Korea tahun 1950-1953.

Advertisement

dtc/nad

Advertisement
Kata Kunci : Korsel-Korut Pertemuan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif