Soloraya
Selasa, 28 September 2010 - 17:01 WIB

Siaga Merapi, warga mulai perketat pengamanan

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten–Warga di sekitar Gunung Merapi mulai memperketat pengamanan di desa mereka. Selain untuk mewaspadai bencana, warga juga mengantisipasi penjarahan harta mereka saat harus mengungsi.

“Ada 32 pos ronda yang selalu siaga di tiga desa, yakni Balerante, Sidorejo,
dan Sidomulyo,” kata Koordinator Tim Siaga Merapi, Sukiman, ditemui wartawan seusai koordinasi penanganan bencana di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (28/9).

Advertisement

Selain pengamanan di 32 pos ronda, warga secara swadaya melakukan pengamatan di tiga pos. Tiga pos itu didirikan sebagai alat untuk memantau perkembangan
aktivitas Gunung Merapi. “Kami juga memetakan kawasan rawan bencana (KRB) III yang jadi langganan aliran lahar dan asap panas. Ketiganya di Ngemplak Butuh, Balerante, Gondang Balerante, Sambungrejo, serta Deles Petung,” urainya.

Pemkab Klaten diminta segera mendata warga di sekitar Gunung Merapi secara cermat. Pasalnya, penyebab utama kegagalan evakuasi selama ini adalah tidak tersedianya data pendukung yang valid. “Akibatnya, saat Merapi berubah status siaga, semua kelabakan. Sebab tak tahu berapa armada yang harus disiapkan.”

asa

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gunung Merapi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif