News
Selasa, 28 September 2010 - 07:35 WIB

LIPI: JL RE Martadinata ambles karena ada pengerukan laut

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Amblesnya Jl RE Martadinata, Jakarta Utara menimbulkan spekulasi terkait kontruksi pembuatan jalan. Namun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuding pengerukan laut di sekitar lokasi sebagai penyebab ablesnya jalan.

“Faktor utama penyebabnya adalah pengerukan laut di sekitar lokasi untuk manuver kapal. Ini membuat terjadinya pengikisan pondasi jalan,” ujar peneliti dari Pusat Penelitian Oseanografi kemacetan dan LIPI, Otto SR Ongkosongo saat berbincang dengan detikcom, Selasa (28/9).

Advertisement

Menurut Otto, pengerukan yang dilakukan pihak pelabuhan Tanjung Priok tidak memperhatikan aspek kekuatan pondasi jalan. Hal ini membuat jalan yang baru dibangun setahun lalu tersebut ambles.

“Struktur tanah di situ itu tidak padat, sehingga ketika ada pengerukan lambat laun pasti ambles. Apalagi tidak ada dinding pembatas antara jalan dengan laut,” terangnya.

Otto pun menyarankan agar perbaikan jalan yang merupakan urat nadi perekonomian Jakarta tersebut menggunakan pembatas. Pembatas bisa dilakukan dengan membuat tiang pancang yang ditanam di dasar laut.

Advertisement

“Kalau tidak maka bisa ambles lagi. Yang ambles itu sekitar 2.000 meter kubik, material tanah dan jalan hilang begitu saja,” terangnya.

dtc/tya?

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Ambles Jakarta
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif