Senin, 27 September 2010 22:36 WIB Sukoharjo Share :

UMK diusulkan Rp 790.500

Sukoharjo (Espos)–Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Kabupaten Sukoharjo 2011 diusulkan senilai Rp 790.500. Usulan itu melampaui kebutuhan hidup layak (KHL) yang ditetapkan sebelumnya Rp 790.358,82.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Pengawasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sukoharjo, Langgeng Wiyana mengatakan penetapan usulan UMK Sukoharjo berjalan cukup alot. Namun, karena sudah ada koordinasi yang baik di antara serikat pekerja, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), serta Dinakertrans maka jumlah UMK yang akan diusulkan mencapai kesepakatan.

“Dewan Pengupahan Sukoharjo sepakat mengusulkan UMK Sukoharjo untuk tahun depan Rp 790.500. Dengan mengacu pada tahun sebelumnya, UMK Sukoharjo kembali memenuhi 100% dari tingkat KHL,” jelas Langgeng kepada wartawan, Senin (27/9).

Dia mengatakan, kesepakatan itu akan segera dilaporkan ke Bupati untuk seterusnya dibawa ke tingkat provinsi. Menurut Langgeng, usulan dari kabupaten masih akan dibahas oleh Dewan Pengupahan tingkat provinsi sebelum ada pengesahan dari Gubernur Jawa Tengah. Langgeng menambahkan, Disnakertrans Sukoharjo optimistis usulan itu akan disahkan. Karena sudah ada komunikasi yang baik di antara para pekerja, pengusaha, dan pemerintah daerah sejak penetapakan KHL hingga penetapan usulan UMK tersebut.

Wakil Ketua Penelitian dan Pengembangan Serikat Pekerja Nasional (SPN) Sukoharjo, Sigit Hastono mengatakan pekerja menghormati keputusan usulan UMK yang ditetapkan Dewan Pengupahan tersebut. Terlebih, tuntutan untuk mencapai 100% KHL dari pekerja bisa dipenuhi. Dia berharap, dengan adanya kesepakatan usulan UMK tersebut, tidak ada lagi pengusaha atau perusahaan yang menangguhkan pembayaran gaji buruh atau karyawan.

hkt

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…