Soloraya
Senin, 27 September 2010 - 21:46 WIB

Petani di Desa Trasan siap tanam padi

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Kelompok tani di Desa Trasan, Kecamatan Juwiring mendapatkan bantuan benih padi sebanyak 6 ton 250 kg dari Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten. Bantuan tersebut akan digunakan petani untuk masa tanam di Bulan Oktober.

Sekretaris Desa (Sekdes) Trasan, Riyadi saat ditemui Espos, Senin (27/9) mengatakan bantuan benih tersebut saat ini telah digunakan para petani untuk menyiapkan bibit.

Advertisement

“Kami mendapatkan benih padi jenis Inpari 5. Pertengahan Bulan Oktober benih tersebut akan siap ditanam dilahan milik petani. Kami memilih menanam di pertengahan bulan karena masih was-was munculnya serangan susulan hama wereng,” terangnya.

Meskipun diprediksi hama wereng masih akan menyerang, ia bersama anggota kelompok petani dan gabungan kelompok tani di Desanya sudah menyiapkan langkah antisipasi.

“Apabila masih diserang wereng kami akan kembali menyiapkan langkah penyemprotan massal seperti bulan-bulan lalu,” jelasnya.

Advertisement

Desa Trasan merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Juwiring Klaten yang mengalami kegagalan panen cukup tinggi. Selama empat musim masa tanam (MT) lahan pertanian seluas 164 Hektare (ha) mengalami gagal panen.

m94

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif