Senin, 27 September 2010 13:52 WIB News Share :

PDIP minta Presiden SBY evaluasi Setneg

Jakarta–PDIP melihat Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menegaskan status Jaksa Agung ilegal adalah akibat kesalahan Setneg. Presiden diminta melakukan evaluasi menyeluruh di Setneg.

“Saya pikir itu kesalahan yang memalukan Presiden,” ujar Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/9).

Menurut Tjahyo kesalahan tersebut telah merusak kredibilitas penegakan hukum yang dilakukan pemerintah. Evaluasi dipandang jalan terbaik guna memastikan tidak ada lagi kejadian serupa di masa mendatang. “Saya kira Presiden harus mengevaluasi seluruh jajaran di Setneg,” tegas Tjahjo.

Seperti diketahui Putusan MK menegaskan fakta bahwa posisi Jaksa Agung tidak sah karena tidak dilantik bersama menteri lain. SBY saat ini telah menunjuk Wakil Jaksa Agung Darmono menjadi pelaksana tugas (Plt) Jaksa Agung.

Sejumlah fraksi menuding hal itu kesalahan Presiden. PDIP sejak awal menuding keputusan MK terkait status hukum Jaksa Agung sebagai kelalaian Istana.

dtc/try

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…