Soloraya
Senin, 27 September 2010 - 21:22 WIB

Intensitas hujan tinggi, warga Semanggi diminta waspada

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Kalangan warga di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo diminta meningkatkan kewaspadaan menyusul semakin tingginya curah hujan akhir-akhir ini.

Lurah Semanggi, Agus Santoso kepada Espos, Senin (27/9), mengatakan tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir membuat permukaan air di Kali Jenes sempat meninggi. Kendati meningginya permukaan air tersebut terjadi dalam beberapa saat, pihaknya mengimbau warga yang bertempat tinggal di sepanjang Kali Jenes meningkatkan kewaspadaan. “Jika intensitas hujan tinggi, biasanya Kali Jenes meluap ke permukiman karena mendapat limpahan air dari kawasan perkotaan. Untuk itu, kami mengimbau warga Sedia payung sebelum hujan,” tutur Agus.

Advertisement

Agus menjelaskan, terdapat ratusan warga bertempat tinggal di sepanjang Kali Jenes. Mereka adalah warga RW IX, XII, XIII, XVI, XVII, XXI, dan XXII. Menurutnya, genangan air akibat luapan Kali Jenes biasanya berlangsung sekitar satu jam dengan ketinggian mencapai sekitar betis orang dewasa. “Warga harus melindungi barang-barang berharga dengan menaruhnya di tempat yang tinggi agar kerugian materi yang diderita tidak terlalu tinggi,” papar Agus.

Selain mewaspadai kemungkinan adanya luapan air dari dua sungai tersebut, Agus juga meminta warga mewaspadai munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pihaknya meminta warga tidak terlena akibat tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini. “Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) harus ditingkatkan,” pungkas Agus.

mkd

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Warga Semanggi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif