Senin, 27 September 2010 06:53 WIB Pendidikan Share :

Hari ini, tes calon Kasek digelar

Solo–Proses seleksi calon kepala sekolah (Kasek) di Kota Solo dijadwalkan berlangsung Senin (27/9) ini. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menjamin pelaksanaannya berjalan independen.

“Guru yang ikuti seleksi tidak perlu bingung mencari channel. Jangan mencari dan jangan sampai menggantungkan diri kepada bantuan orang lain,” seru Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo, kepada Espos, akhir pekan kemarin.

Rakhmat menegaskan proses seleksi Kasek dilakukan Disdikpora secara profesional dengan dukungan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Guru diingatkan guna mengoptimalkan kemampuan sendiri. Kapasitas guru sendiri salah satunya dilihat dari portofolio yang dikumpulkan, sekaligus sebagai salah satu syarat mengikuti proses seleksi.

Dikemukakan pula, tes yang dijalani antara lain tes potensi akademik (TPA) dan wawancara. Menurut Rakhmat hasil seleksi akan diputuskan langsung oleh Walikota Joko Widodo. Portofolio digunakan sebagai referensi untuk menilai rekam jejak guru menyangkut prestasi akademik dan karya ilmiah yang dibuat.

Masih menurut Rakhmat, kandidat Kasek yang lolos akan mendapat surat keputusan dan pencantuman jangka waktu berlakunya hasil tes, yaitu 2-3 tahun. “Kami ingin siapa saja yang akan menjadi kepala sekolah benar-benar bisa menjadi contoh dan patut untuk ditiru,” harap Rakhmat.

m90

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…