News
Senin, 27 September 2010 - 06:53 WIB

Hari ini, tes calon Kasek digelar

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo–Proses seleksi calon kepala sekolah (Kasek) di Kota Solo dijadwalkan berlangsung Senin (27/9) ini. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menjamin pelaksanaannya berjalan independen.

“Guru yang ikuti seleksi tidak perlu bingung mencari channel. Jangan mencari dan jangan sampai menggantungkan diri kepada bantuan orang lain,” seru Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo, kepada Espos, akhir pekan kemarin.

Advertisement

Rakhmat menegaskan proses seleksi Kasek dilakukan Disdikpora secara profesional dengan dukungan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Guru diingatkan guna mengoptimalkan kemampuan sendiri. Kapasitas guru sendiri salah satunya dilihat dari portofolio yang dikumpulkan, sekaligus sebagai salah satu syarat mengikuti proses seleksi.

Dikemukakan pula, tes yang dijalani antara lain tes potensi akademik (TPA) dan wawancara. Menurut Rakhmat hasil seleksi akan diputuskan langsung oleh Walikota Joko Widodo. Portofolio digunakan sebagai referensi untuk menilai rekam jejak guru menyangkut prestasi akademik dan karya ilmiah yang dibuat.

Masih menurut Rakhmat, kandidat Kasek yang lolos akan mendapat surat keputusan dan pencantuman jangka waktu berlakunya hasil tes, yaitu 2-3 tahun. “Kami ingin siapa saja yang akan menjadi kepala sekolah benar-benar bisa menjadi contoh dan patut untuk ditiru,” harap Rakhmat.

Advertisement

m90

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Calon Kasek TPA
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif