Senin, 27 September 2010 12:30 WIB News Share :

DPR berharap Presiden pilih Jaksa Agung pekan ini

Jakarta–Presiden SBY diminta sudah menetapkan pengganti Hendarman Supandji sebagai Jaksa Agung, pekan ini. Langkah cepat diperlukan agar tidak muncul polemik mengenai calon pengganti Hendarman.

“Jangan berlama-lama, nanti bisa masuk angin. Kalau lama, bisa jadi komoditas politik bagi pihak tertentu. Kita harapkan Kamis ini sudah ada Jaksa Agung definitif,” kata anggota Komisi III Nasir Djamil, Senin (27/9).

Dia menjelaskan presiden pun harus segera membentuk tim kecil untuk melakukan seleksi informal. Hal itu untuk melihat rekam jejak calon Jaksa Agung. “Tim kecil ini nantinya bisa melihat track record calon. Tentu langkah ini dilakukan untuk mendapatkan Jaksa Agung yang benar-benar mumpuni,” imbuhnya.

Satu hal penting, Jaksa Agung tidka boleh berasal dari partai politik. “Nanti akan sulit membentuk Jaksa Agung yang profesional,” terangnya. Terkiat calon yang layak, Nasir menyebut Busyro Muqodas dan Bambang Widjojanto dari luar dan Darmono serta Iskamto dari internal kejaksaan.

dtc/try

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…