News
Senin, 27 September 2010 - 11:47 WIB

AS minta maaf ke Filipina soal bendera terbalik

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Manila–Pemerintah Amerika Serikat meminta maaf kepada pemerintah Filipina terkait pemasangan bendera negara terakhir yang terbalik saat event resmi di New York dan dihadiri Presiden Barack Obama.

Pemasangan bendera Filipina yang terbalik itu terjadi ketika KTT ASEAN-AS. Pemerintah AS menyebut insiden tersebut murni kesalahan yang tidak disengaja.

Advertisement

Bendera Filipina dengan warna merah-putih dan biru bergambar bintang berwarna kuning dipasang terbalik saat Obama bertemu Presiden Filipina Benigno Aquino di KTT ASEAN-AS. Warna merah yang seharusnya dibawah dipasang berada di atas.

Pemasangan bendera terbalik mempunyai arti khusus di Filipina, yaitu negara dalam keadaan perang. “Ini kesalahan murni,” kata Rebecca Thompson, Jubir Kedubes AS di Manila, seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (27/9).

Thompson tidak menyebutkan siapa yang melakukan kesalahan pemasangan bendera itu. Dia juga tak menjelaskan bagaimana kesalahan itu terjadi. “Pemerintah AS menghargai hubungan dekat dan kemitraan erat dengan Filipina,” imbuhnya.

dtc/try

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Filipina Manila
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif