Soloraya
Minggu, 26 September 2010 - 16:03 WIB

Tuntut transparansi, warga Jirapan blokir jalan

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen — Puluhan warga Dukuh Jatirejo dan Dukuh Slamat, Desa Jiparan, Masaran, memblokir jalan antardesa lantaran tidak ada transparansi atas kegiatan yang dilaksanakan di jalan itu, Minggu (26/9) pagi.

Warga menduga jalan itu sengaja dibangun investor untuk memudahkan akses ke kandang penetasan ayam yang akan dibangun. Dalam satu pekan ini sejumlah pekerja membangun jalan tersebut dengan menambahkan pasir dan batu.

Advertisement

Warga Dukuh Slamat, Joko Imas, mengungkapkan warga enam RT di dua dukuh di Jiparan berkeberatan dengan pembangunan jalan sebelum pihak investor dan pemerintah desa (Pemdes) memberi keterangan. Selama ini, kata dia, tak ada satu pun warga yang diberi informasi mengenai adanya kegiatan itu.

“Intinya kami minta transparasi. Sebelum itu jalan ini ditutup warga. Selama ini kami terus bertanya-tanya, ini kegiatan apa. Kok tidak ada informasi sama sekali, bahkan dari bayan dan kepala desa saat ditanya pun mengaku tidak tahu,” tegas Joko ektika ditemui wartawan di wilayah Jirapan, Minggu.

Joko menambahkan jalan yang dibangun sebelumnya berupa jalan setapak selebar dua meter. Jalan sepanjang 400 meter yang melewati areal pertanian itu tembus di Dukuh Tembokrejo, Desa Sepat, Masaran. Jalan itu merupakan jalan umum yang dikelola desa. Dengan status semacam itu, dia menilai mestinya investor tidak berani membangun jalan tanpa pembicaraan atau kesepakatan dengan pihak desa.

Advertisement

Kapolres Sragen, AKBP Ida Bagus Putra Narendra, melalui Kapolsek Masaran, AKP Joko Purnomo, dimintai konfirmasi menyatakan kehadiran polisi di lokasi untuk pengamanan. Upaya itu dilakukan agar tidak terjadi aksi anarkis. Hal tersebut mengingat lokasi jalan berada di samping jalan utama Solo – Sragen.

“Warga menuntut diberi tahu kalau memang ada kegiatan, apalagi pembangunan kandang untuk penetasan ayam. <I>Kulonuwun<I> lah istilahnya. Tadi, kami belum bisa menghadirkan pihak investor, tapi akhirnya disepakati pertemuan antara kedua pihak akan dilaksanakan Sabtu nanti.” Kata Kapolsek.

tsa

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Jirapan KPU Sragen
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif