SPFM/lia
Minggu, 26 September 2010 10:49 WIB Kesehatan Share :

Terlalu lama di depan komputer bikin wanita cepat keriput

London–Hidup di era digital membuat para wanita menghabiskan banyak waktunya di depan komputer. Hasil penelitian, hal itu bisa mempercepat proses penuaan yang di antaranya ditandai keriputnya kulit.

Fenomena yang disebut ‘wajah komputer’ ini sering didapati pada wanita karir yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Bahkan ibu rumah tangga sekalipun bisa mengalaminya ketika sudah kecanduan internet di rumahnya.

Seorang ahli bedah kosmetik asal Inggris, Dr Michael Prager telah membuktikan dalam sebuah penelitian. Dokter spesialis botox itu menemukan fenomena macam itu dialami sebagian besar pelanggan dan wanita yang bekerja di perkantoran.

“Saat sedang tegang dan serius di depan komputer, umumnya para wanita akan mengernyitkan dahinya sekalipun kadang tidak disadari,” ungkap Dr Prager.

Jika berjam-jam dan rutin setiap hari, kernyitan itu mempercepat pembentukan keriput. Garis wajah itu lama-lama terbentuk di dahi dan kulit wajah lainnya.

Dikutip dari Telegraph, Minggu (26/9), wanita yang terlalu lama di depan komputer juga rentan mengalami gejala ‘leher kalkun’. Dinamakan demikian karena kulit di bagian leher menggelambir seperti kulit kalkun.

Menurut Dr Prager, gejala ini disebabkan posisi duduk yang jarang berubah dalam jangka waktu yang sangat panjang. Akibatnya otot leher memendek dan kulitnya turun lalu membentuk semacam gelambir. Untuk mengatasinya, Dr Prager mempunyai tips jitu, yakni dengan meletakkan cermin kecil di samping layar monitor. Harapannya para wanita bisa cepat menyadari ketika wajahnya mulai mengernyit, lalu berusaha mencari cara untuk bisa lebih rileks.

Berbagai cara bisa dilakukan sebagai upaya relaksasi. Selain istirahat sejenak di sela-sela bekerja dengan komputer dan berjalan-jalan, melakukan senam otot wajah juga cukup efektif melawan efek penuaan dini.

dtc/try

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…