Sport
Minggu, 26 September 2010 - 09:27 WIB

'Keputusan wasit sahkan gol Kuyt sudah tepat'

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Liverpool–Kubu Sunderland boleh saja meratapi dan mencibir gol pertama Liverpool saat kedua tim bermain imbang 2-2. Tetapi pihak berwenang dari Liga Primer menilai tidak ada yang salah dari gol tersebut.

Seusai pertandingan di Anfield, Sabtu (25/9) malam WIB, Manajer Sunderland Steve Bruce memertanyakan sportivitas pemain Liverpool terkait gol Dirk Kuyt. Bruce mencibir wasit Stuart Attwell karena menilai gol tak layak disahkan.

Advertisement

Namun Atwell dan gol Kuyt dibela Professional Game Match Officials (PGMO) Liga Primer. Keputusan Atwell dinilai benar dan gol Kuyt pun tak bermasalah.

“Menurut Laws of the Game, setelah menghentikan permainan akibat segala macam pelanggaran, wasit harus ‘mengindikasikan dimulainya kembali permainan’. Dalam praktiknya, dalam banyak kasus, wasit mengindikasikan dengan memberikan isyarat kepada pemain untuk mengambil tendangannya. Isyarat ini bisa minimal, tak ada keharusan untuk menggunakan peluit,” terang PGMO di Reuters.

“Bola dimainkan pada saat sudah ditendang dan bergulir. Jadi di kasus ini bola telah dimainkan usai ditendang pemain Sunderland,” papar keterangan itu.

Advertisement

Bruce sebelumnya juga menilai kalau titik tendangan bebas mestinya dilakukan jauh ke belakang. Maka dari itu salah satu pemainnya hanya ingin memberikan ke kiper untuk lantas mengambilnya. Tapi tidak begitu pandangan PGMO.

Manajer Liverpool Roy Hodgson ikut mendukung keputusan wasit yang mengesahkan gol. “Saya pikir itu adalah pemikiran cepat dari (Fernando) Torres dan Kuyt. Dan gol pertama memang tak seharusnya dianulir,” katanya di situs Liverpool.

dtc/try

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kuyt Torres
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif