Minggu, 26 September 2010 11:27 WIB News Share :

Ical ajak semua pengusaha masuk Kadin

Jakarta–Sebagai seorang mantan ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Aburizal Bakrie atau Ical mengajak semua pelaku usaha untuk bergabung dalam wadah Kadin Indonesia. Hal ini lah yang menjadi salah satu tantangan Ketua Umum baru Kadin Suryo B. Sulisto lima tahun ke depan.

“Tantangan terberatnya, seluruh pengusaha Indonesia bisa masuk jadi anggota-anggota Kadin Indonesia,” kata Aburizal Bakrie usai Munas VI Kadin di JCC, Minggu dini hari (26/9)

Khusus pada Ketua umum Kadin terpilih, ia mengharapkan agar lebih baik dari yang sebelumnya, yaitu Kadin bisa membawa dampak yang besar bagi perekonomian Indonesia.  Kadin herus bisa memberikan kontribusi pemikiran kepada pemerintah dan juga menjadi mitra pemerintah.

“Jadi Kadin bisa menjadi sesuatu kekuatan bersama dunia usaha, persatuan dunia usaha harus dijalin lagi, tidak boleh ada dikotomi antar satu pihak dengan pihak lain,” ujar Ical.

Sebelumnya Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi mengakui saat ini masih ada kelompok dari beberapa pebisnis Tionghoa yang memang belum tertarik masuk dalam wadah Kadin. Kelompok ini lebih memilih berjalan sendiri-sendiri karena belum melihat manfaat yang menguntungkan jika masuk Kadin.

Hal serupa pun disampaikan oleh pengusaha muda Indonesia Sandiaga S. Uno bahwa para kelompok ini masih apatis terhadap keberadaan Kadin sebagai wadah pebisnis di Tanah Air.

Seperti diketahui Presiden Komisaris PT Bumi Resources Tbk (BUMI) Suryo B. Sulisto (SBS) terpilih menjadi Ketua Umum Kadin periode 2010-2015 mengalahkan 4 pesaingnya dalam pertarungan selama 2 hari dalam Munas VI Kadin.

Suryo masuk putaran II voting pemilu Kadin bersama Wishnu Wardhana yang meraih suara terbesar kedua dalam voting putaran pertama yang dilaksanakan di JCC, Jakarta, Sabtu (25/9/2010). Pada putaran kedua, dari 129 suara, Suryo memperoleh 89 suara sementara Wishnu Wardhana meraih 40 suara.

Saat ini Suryo masih duduk sebagai Presiden Komisaris BUMI. Pria kelahiran Solo, 11 Februari 1947 ini merupakan tokoh kawakan di BUMI karena telah menjadi Presiden Komisaris sejak 2001. Selain Suryo dan Wisnu, calon dalam pemilu Kadin ini adalah Sandiaga Uno, Adi Putra Tahir, dan Chris Kanter.

Masuknya SBS dalam bursa Ketum Kadin sejak awal menjadi kecurigaan beberapa kalangan terkait kedekatannya dengan Aburizal Bakrie, khususnya kekhawatiran akan masuknya Kadin di politik praktis.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…