Minggu, 26 September 2010 10:34 WIB Issue Share :

Festival UGM Jazz ke-14 hangatkan Jogja

Jogjakarta–Festival Jazz UGM kembali digelar, Sabtu (25/9), di Balairung Universitas Gajah Mada Jogjakarta. Kali ini festival jazz tahunan itu bertajuk ‘Economics Jazz Live, Reborn’.

Festival dimulai pukul 19.30 WIB. Meski bertajuk festival jazz, kegiatan dibuka oleh pertunjukan ketoprak. Di tengah rintik gerimis, pertunjukan seni tradisional tersebut menjadi hiburan segar untuk para penonton.

Setelah disuguhi ketoprak, alunan musik jazz yang ditunggu pun mulai bergema di UGM. Adalah petikan gitar nan indah musisi jazz legendaris Ireng Maulana yang pembukanya. Ditemani Kibond Maulana di gitar, Karim Sueleh di drum, Yance Manusawa di bass, dan Didiek SSS di saxophone, Ireng di antaranya menyenandungkan lagu berjudul ‘Midnite In San Fransisco’.

Kolaborasi Ireng Maulana and Friends bersama Citra ‘Idol’ membawakan lagu milik band ST12 ‘Saat Kau Jauh’ di episode berikutnya, sukses menghangatkan penonton. Selanjutnya Citra pun membawakan lagu Armada, ‘Mau Dibawa Kemana’.

“Senang sekali bisa nyanyi iringan sama Mas Ireng,” ujar Citra di sela-sela penampilannya.

Selain Citra ‘Idol’, Ireng Maulana and Friends berkolaborasi dengan penyanyi jazz 80-an, Margie Segers. Mereka pun mengubah lagu The Beatles ‘Can’t Buy Me Love’ menjadi lebih jazzy. Berikutnya penonton dimanjakan dengan permainan saxophone milik Didiek SSS, sebelum Ireng and friends kembali tampil dan memanaskan suasana dengan berkolaborasi bersama Harvey Malaiholo.

dtc/try

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…