News
Minggu, 26 September 2010 - 16:48 WIB

Anwar Ibrahim: UMNO tebar ketakutan isu Indonesia-Malaysia

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Mantan Deputi Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim, menuding partai berkuasa Malaysia, UMNO, memanas-manasi hubungan Indonesia-Malaysia. Anwar menyebut UMNO telah menebarkan ketakutan.

“UMNO itu memanfaatkan isu seolah-olah menebar ketakutan atas isu-isu Indonesia-Malaysia. Kalau UMNO mengesankan Malaysia terancam itu tidak benar. Ini dongeng baru,” ujar Anwar.

Advertisement

Anwar menyatakan itu saat berbicara dalam Stadium General Reformasi Politik dan Demokratisasi di Malaysia Menuju Persahabatan Setara Indonesia-Malaysia di Hotel Four Seasons, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Minggu (26/10).

Anwar mengatakan kecenderungan UMNO memanfaatkan isu untuk memanas-manasi hubungan Malaysia-Indonesia menyebabkan sentimen negara menjalar ke masyarakat. Namun ia yakin tak semua masyarakat melakukan tindakan merusak hubungan dua negara. “Kalau sentimen sudah menjalar ke masyarakat itu benar, tapi kalau masyarakat bisa bertindak macam-macam itu tidak benar,” terangnya.

Lebih lanjut Anwar menjelaskan, konflik Indonesia-Malaysia sering kali karena persoalan hukum, seperti perlakuan kepada TKI, dan masalah perbatasan. Karena itu ia minta masyarakat dua negara menjalin hubungan dan kerjasama yang baik.

Advertisement

“Seharusnya masyarakat dua negara ini, generasi muda, mahasiswa, anggota MPR bisa lebih baik berhubungan. Saat ini yang saya lihat masih kurang. Masalah understanding antara rakyat, itu harus diperbaiki,” usul Anwar.

Hubungan Indonesia-Malaysia memang sering memanas. Terakhir konflik menajam terkait penangkapan tiga petugas DKP Indonesia oleh Polisi Diraja Malaysia, medio Agustus. Penangkapan berbuntut pelemparan Kedubes Malaysia di Indonesia dengan kotoran oleh kelompok Bendera, memicu kemarahan pejebat negeri Jiran.

dtc/try

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Anwar Ibrahim
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif