Minggu, 26 September 2010 20:41 WIB Klaten Share :

107 Ribu perantau tak gunakan hak suaranya

Klaten (Espos)–Meski Pilkada kali ini berjalan lancar, namun KPU Klaten mencatat bahwa partisipasi pemilih kali ini tergolong rendah dibanding pesta demokrasi serupa pada tahun 2005 lalu.

Data KPU mencatat bahwa salah satu penyebab rendahnya partisipasi pemilih ialah banyaknya perantau yang terdaftar dalam DPT namun tetap kembali ke tanah rantau sebelum memberikan hak suaranya. “Jumlahnya bahkan mencapai 107.936 pemilih. Mereka adalah perantau yang tercatat dalam DPT (daftar pemilih tetap-red) namun tak menggunakan hak pilihnya,” kata Ketua KPU, Ngatmin Sumarto Pawiro kepada wartawan usai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil suara Pilkada di gedung KPU, Minggu (26/9).

Selain para perantau, Ngatmin juga mencatat sebanyak 36.590 warga yang tercatat dalam DPT namun lebih memilih bekerja ketimbang memberikan hak suaranya. Selain itu, keberadan Lansia sebanyak 12.734 orang juga turut mengurangi partispasi pemilih di Klaten. “Sementara, sebanyak
3.075 warga meninggal sebelum menyampaikan hak suaranya. Dan sebanyak
130.514 pemilih lainnya yang tak memakai haknya karena sejumlah alasan lain,” paparnya. Jika ditotal secara keseluruhan, maka jumlah warga Klaten yang tak memakai hak pilihnya mencapai 290.849 orang.

asa

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…