Sabtu, 25 September 2010 13:37 WIB News Share :

Sembilan kabupaten di Jateng terima KUBE

Temanggung–Sembilan kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) menerima bantuan modal usaha untuk kelompok usaha bersama ekonomi (KUBE) dari Kementerian Sosial.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah mulai Kamis (23/9) hingga Minggu (26/9).

“Bantuan ini adalah upaya pemerintah mengurangi warga miskin dan menurunkan jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS),” ujar Mensos yang didampingi sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI pada penyerahan bantuan KUBE di Pendopo Kantor Bupati Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (25/9).

Daerah yang mendapatkan bantuan adalah Jepara 12 KUBE, Kendal (3), Rembang (10), Demak (8), Kudus (7), Temanggung (18), Semarang (13), Magelang (5) dan Klaten (9).

Tiap KUBE mendapatkan bantuan antara Rp 20 juta sampai Rp30 juta untuk modal usaha. Total dana bantuan bagi seluruh KUBE di Jawa Tengah adalah Rp 2,46 miliar untuk 85 KUBE.

“Kami menginginkan agar setelah menerima bantuan KUBE sudah bisa mandiri dan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Mensos.

Mensos juga berpesan agar bagi pengusaha pemula untuk tidak melakukan kegiatan  ekonomi yang sifatnya uji coba atau eksperimental.

“Carilah usaha yang langsung mendapatkan hasil, atau yang tidak perlu menunggu lama sampai beberapa bulan baru menghasilkan,” katanya.

Peran petugas pendamping dari pemerintah daerah (Pemda) penting untuk memastikan dana bantuan digunakan secara tepat.

Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah Adi Karsidi menjelaskan saat ini tingkat kemiskinan di Jawa Tengah masih cukup tinggi mencapai 16 persen dari jumlah penduduk sekitar 32,38 juta orang.

“Kami juga masih memiliki tingkat pengangguran sebesar 7,33 persen atau 1,25 juta orang,” katanya.

Pemberian bantuan dana bagi KUBE itu diharapkan dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan mengurangi tingkat pengangguran di Jawa Tengah.

ant/rif

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…