Sabtu, 25 September 2010 21:02 WIB Sport Share :

City kalahkan Chelsea 1-0

Manchester — Manchester City menjadi tim kedua yang bisa mengalahkan Chelsea di musim ini. Bermain di kandang sendiri, Sabtu (25/9/2010), pasukan Roberto Mancini mengatasi The Blues dengan skor 1-0.

Kapten Carlos Tevez menjadi pahlawan kemenangan City lewat golnya di menit 58. Ia melakukannya brilian, dengan melepaskan tembakan keras menyilang setelah melakukan solo run dari tengah lapangan.

Kemenangan ini menambahkan tiga poin buat City menjadi 11, sama seperti Arsenal dan Manchester United. Arsenal akan bermain malam ini melawan West Brom, sedangkan MU turun ke lapangan besok menghadapi Bolton Wanderers.

Bagi Chelsea, kekalahan ini mengakhiri hasil sempurna mereka di lima pertandingan sebelumnya. Tiga hari lalu mereka juga kalah di ajang Piala Carling, dibekap Newcastle United 3-4. Hal baik buat mereka adalah, posisinya di puncak klasemen sementara tidak berubah karena 15 poin takkan disamai Arsenal ataupun MU (11), sekalipun kedua rivalnya itu meraih kemenangan di akhir pekan ini.

Jalannya pertandingan

Tembakan pertama dilakukan City melalui Tevez di menit keenam. Namun tendangan penyerang internasional Argentina itu masih melebar.

Dua menit kemudian Petr Cech melakukan aksi krusial untuk mengamankan wilayahnya dengan meninju keluar tendangan bebas James Milner. Kiper Republik Ceko itu kembali bekerja dengan menjinakkan tembakan dari ujung kotak penalti yang dilakukan bek Pablo Zabaleta di menit 16.

Chelsea yang sedikit didominasi City di lapangan tengah, memulai serangan berartinya di menit 17. Akan tetapi tendangan Nicolas Anelka dari luar kotak penalti masih jauh dari bidang sasaran.

Kans terbaik di babak ini terjadi di menit 26. Dari korner pendek di antara Didier Drogba dan Florent Malouda, Branislav Ivanovic melakukan sundulan di tiang jauh City, setelah mendapatkan bola lambung dari Malouda.

Namun tanduk bek Serbia itu menerpa mistar. Ia memperoleh kembali bola dan kembali menyundulnya. Kali itu Joe Hart melakukan penyelamatan krusial dengan menangkap bola sambil terbang.

Chelsea memulai babak kedua dengan langsung menggebrak. Anelka meluncurkan tembakan jarak jauh, Joe Hart menepisnya. Dari sepak pojok Michael Essien menyundul bola di depan gawang, tapi bola melambung.

City menyerang lagi di menit 54 melalui Silva. Dari sudut sempit ia membuat sepakan cukup keras, cukup untuk membuat Cech menjatuhkan badannya guna membloknya. Pertandingan mulai berjalan lebih menarik.

Di menit 58 City dalam tekanan Chelsea. Setelah melepaskan diri, mereka melakukan serangan balik yang cepat. Tevez menerima bola dari garis tengah dan menggiringnya ke wilayan permainan lawan. Silva mencari posisi di depan dengan berlari kencang mengikuti rekannya.

Di garis depan kotak penalti, dalam hadangan Ashley Cole, Tevez memutuskan menendang langsung ke arah gawang. Ia berhasil. Tembakan menyilang datarnya membuat Cech mati langkah. Bola mengenai tiang dan memantul ke dalam. Gol, City memimpin 1-0.

Chelsea terhenyak dengan gol tersebut. Mereka mencoba menaikkan tempo permainan. Dua kali Essien mengetes Hart lewat tendangan jarak jauh, tapi arahnya melebar.

Pelatih Carlo Ancelotti menarik keluar Didier Drogba yang bermain jelek dan menggantinya dengan Daniel Sturridge di menit 74. Tiga menit kemudian Alex memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan, tapi tandukannya dari mulut gawang City melenceng.

Di sisa pertandingan Chelsea mengurung wilayah pertahanan City, dan giliran tuan rumah yang mengandalkan serangan balik. Namun beberapa peluang tidak dapat dituntaskan Chelsea sehingga mereka harus rela kehilangan poin untuk pertama kalinya di musim ini.

Susunan pemain:

Man City: Hart, Kompany, Zabaleta, Kolo Toure, Boyata (Boateng 88), Milner, Barry, Silva (A Johnson 77), De Jong, Yaya Toure, Tevez (Adebayor 86)

Chelsea: Cech, Ivanovic, Cole, Terry, Alex, Essien, Ramires (McEachran 80), Mikel (Zhirkov 68), Malouda, Drogba (Sturridge 75), Anelka

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…