Sabtu, 25 September 2010 16:39 WIB News Share :

BPBD Jateng jamin ketersediaan bantuan bencana

Banyumas--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah menjamin ketersediaan bantuan bagi para korban bencana alam yang mungkin terjadi terkait adanya perubahan iklim seperti sekarang.

“Bantuan bagi korban bencana masih tersedia. Jika kami kekurangan, masih bisa melibatkan instansi lain seperti Dinas Sosial dan Palang Merah Indonesia,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jateng, Maduseno Widyaworo.

Ia mengemukakan hal itu di sela-sela kegiatan Lokalatih Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas Wilayah Rawan Erupsi Gunung Slamet, di Baturaden, Kabupaten Banyumas, Sabtu (25/9).

Terkait masalah perubahan iklim, dia mengakui harus berpikir ulang untuk menanggulangi bencana.

Kendati demikian, dia mengemukakan, BPBD Jateng telah berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait untuk mengurangi risiko bencana seiring dengan adanya perubahan iklim.

Sementara itu, Disaster Reductions Analyst pada United Nations for Development Programme (Analis Pengurangan Bencana UNDP), Banu Subagyo mennyampaikan, kegiatan prabencana seharusnya juga dibicarakan sebelum terjadinya bencana seiring adanya perubahan iklim.

“Misalnya, dari Dinas Pekerjaan Umum mengecek kondisi tanggul maupun menginventarisasi saluran air yang rusak,” tambahnya.

Dengan demikian, ucap dia, risiko akibat bencana dapat diminimalisasi.

ant/nad

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…