Jumat, 24 September 2010 08:16 WIB Hukum Share :

Polisi siaga di 2 titik perlintasan teroris

Kalianda–Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lampung Selatan, AKBP Bahagia Dachi, menyatakan pihaknya telah bersiaga di dua titik lokasi jalan lintas Sumatera karena sering menjadi perlintasan para teroris.

Kapolres mengatakan, di Kalianda, Jumat (24/9), titik lokasi penjagaan tersebut yakni di Kecamatan Sragi dan Kecamatan Palas yang bersinggungan dengan jalan lintas Sumatera dari Pulau Jawa atau sebaliknya.

“Pengamanan ini merupakan intruksi dari Kapolda Lampung pascapenyerbuan Mapolsek Hamparan Perak Deli Serdang Sumatera Utara,” jelasnya..

Di dua titik tersebut, katanya, seluruh aktivitas kendaraan ata pun penumpang yang melintas akan periksa hingga sampai waktu yang belum ditentukan mengikuti intruksi Polda Lampung.

“Bisa saja kawanan pelaku aksi terorisme berusaha kabur dengan melintasi jalan tersebut setelah ruang geraknya lebih sempit,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga meningkatkan pengamanan di Pelabuhan Bakauheni untuk mengawasi setiap orang yang melintas di pelabuhan ujung pulau Sumatera itu, seperti aktivitas manusia dan memeriksa barang bawaan.

Ia mengatakan, pihaknya mendapatkan tambahan 30 personel bantuan kendali operasi (BKO) untuk pengamanan dari Polda Lampung yang terdiri atas Samapta, Brimob, Intelejen, Reskrim dan Detasemen Khusus 88 Antiteror.

Dia menjelaskan, pihaknya juga akan mengetatkan pengamanan di setiap Mapolsek dengan tambahan senjata lengkap untuk mengantisipasi kejadian serupa karena bisa saja terjadi di wilayah hukumnya.

Seperti yang diketahui, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menurunkan 195 personel untuk membantu seluruh Polsek dan Polres di daerah itu dalam upaya peningkatan kewaspadaan dan antisipasi keamanan pascapenyerbuan Mapolsek di Deli Serdang Sumatera Utara.

Kapolda Lampung, Brigjen Polisi Sulistyo Ishak, di Bandarlampung, menyatakan mereka akan membantu upaya meningkatkan kewaspadaan di sejumlah titik yang dianggap rawan dan memerlukan pengamanan berlebih.

Para personel yang diturunkan dalam status bawah kendali operasi (BKO) itu ditugaskan untuk membantu pengamanan yang dilakukan oleh 10 Mapolres dan ratusan Mapolsek di Lampung. Pasukan yang diturunkan tersebut berasal dari berbagai unsur seperti Samapta, Brimob, intelejen, Reskrim dan Detasemen Khusus 88 Antiteror.

ant/rif

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…